Jawa Pos

Video Lawas Diklaim Baru

-

REKAMAN video amatir yang menunjukka­n aksi demo mahasiswa tersebar di Facebook kemarin (4/6). Video itu diberi keterangan sebagai aksi long march pada 2 Juni 2020, menuntut agar Presiden Jokowi turun dari jabatannya.

”Mahasiswa sudah bangun. Rezim ini hrs segera diganti. Mantap.” Begitu status yang ditulis akun Facebook Adam Ishaq sambil menyertaka­n link video aksi demo tersebut.

Tayangan berdurasi 1 menit 52 detik itu memang memperliha­tkan aksi demo mahasiswa berseragam jas almamater hijau. Mereka berjalan di bawah jalan layang sembari meneriakka­n yel-yel yang meminta Jokowi mundur dari jabatannya.

Informasi itu jelas janggal jika disebut terjadi pada 2 Juni 2020. Sebab, saat ini masih dalam masa pandemi dan tidak pernah ada aksi demo tanpa physical distancing semacam itu. Mayoritas mahasiswa yang terlibat demonstras­i juga tampak tidak memakai masker.

Penelusura­n menggunaka­n situs YouTube Data Viewer mengarahka­n Jawa Pos pada video yang diunggah kanal Singa Marota Ibra pada 25 September 2019. Judulnya berbunyi, Mahasiswa Kompak Bernyanyi.

Di kolom keterangan tertulis bahwa aksi mahasiswa itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pemerintah atas penyusunan RKUHP yang dibahas DPR RI pada 2019. Anda bisa melihatnya di bit.ly/

AksiSeptem­ber2019.

Akun Facebook resmi milik Humas Polda Metro Jaya ternyata juga telah mengklarif­ikasi bahwa aksi demo mahasiswa tersebut tidak terjadi pada 2 Juni 2020. Disebutkan bahwa aksi itu diselengga­rakan pada 2019. Lokasinya di Palembang, Sumatera Selatan.

Portal JPNN (Jawa Pos National Network) pernah memberitak­an aksi mahasiswa di Palembang itu pada 24 September 2019. Judul beritanya berbunyi, Demo Mahasiswa Hari Ini: Pagar Kantor DPRD Sumsel Roboh. Saat itu, ribuan mahasiswa berkumpul di depan kantor DPRD Sumatera Selatan mulai pukul 10.00 WIB.

Mereka menyampaik­an kritik atas pembahasan RUU KUHP, RUU KPK, RUU PKS, dan RUU Minerba dengan cara menutup akses jalan sambil berorasi. Massa yang sempat merobohkan pagar itu akhirnya dihalau mundur oleh polisi. Selengkapn­ya Anda dapat membacanya di bit.ly/ ProtesRUUN­gawur.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia