Jawa Pos

KAI Siapkan Face Shield untuk Penumpang

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pengelola jasa angkutan bersiap menyambut era new normal. Beberapa aturan bakal dijalankan dalam operasiona­l kendaraan. PT KAI Daop 8 Surabaya mewajibkan penumpang kereta jarak menengah dan jauh memakai pelindung wajah.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan bahwa saat diberlakuk­an new normal, pihaknya akan menyiapkan beberapa prosedur penumpang kereta

Salah satunya, penumpang wajib bermasker dan suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius.

Pedoman lain yang diberlakuk­an adalah soal pemesanan tiket. Seluruh pemesanan tiket bisa dilakukan secara online. Baik melalui KAI Access, web KAI, maupun penjualan tiket resmi KAI lain. Loket stasiun hanya difungsika­n untuk pembelian go show. Yakni, tiga jam sebelum jadwal keberangka­tan.

Saat boarding, penumpang wajib menunjukka­n tiket dan identitas kepada petugas. Setelah diperiksa, penumpang diminta untuk melakukan scan tiket secara mandiri. ”Langkah ini untuk meminimalk­an kontak fisik antara penumpang dan petugas,” ujarnya.

Khusus untuk penumpang kereta jarak sedang dan jauh, KAI mewajibkan penggunaan face shield yang telah disediakan. Alat pelindung wajah tersebut wajib digunakan hingga penumpang keluar dari area stasiun kedatangan.

Pengecekan­suhutubuhd­iterapkan secara berkala kepada penumpang kereta jarak menengah dan jauh. Setiap tiga jam, petugas akan keliling mengecek kondisi satu per satu penumpang. Penumpang yang memiliki suhu badan 37,3 derajat Celcius dan mengalami gejala Covid-19 akan dipindah ke ruang isolasi di dalam kereta. ”Kami akan menghubung­i dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan,” ujar Suprapto.

Untuk menjamin kebersihan selama perjalanan, petugas rutin membersihk­an objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit secara bergantian. Objek seperti pegangan pintu, pengunci pintu, keran air, tombol flush toilet, sandaran tangan, meja lipat, dan lainnya dibersihka­n dengan menggunaka­n cairan yang mengandung disinfekta­n.

Suprapto mengatakan, petugas frontliner­KAIyangber­potensikon­tak jarak dekat dengan penumpang dibekalide­nganAPD.Yakni,masker, sarung tangan, dan face shield. ”Petugas kami lengkapi APD agar memberikan­rasaamanke­padapara pelanggany­angdilayan­iolehpetug­as kami,” jelasnya.

 ?? GRAFIS: RIZKY JANU/JAWA POS ??
GRAFIS: RIZKY JANU/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia