Jawa Pos

MONCERNYA THOMAS MUELLER

-

LEVERKUSEN, Jawa Pos – Thomas Mueller sudah menebus pahitnya malam 1 Desember itu. Ya, ketika itu, gol pertama Mueller di Bundesliga musim ini ditandai dengan kekalahan kandang perdana Bayern Muenchen di era Hansi Flick. Saat itu, Bayern tumbang 1-2.

Nah, tadi malam WIB, Mueller menunjukka­n kuasanya lagi. Bedanya, kali ini dia mampu membuktika­n kecerdasan visinya dalam membobol gawang lawan. Dua dari empat gol Bayern di BayArena, Leverkusen, merupakan sumbangsih kecerdasan otak pemain berjuluk Der Raumdeuter itu. Mueller membalaska­n malam pahit itu kepada Leverkusen dengan victory 4-2.

Playmaker 30 tahun itu menjadi aktor di balik terciptany­a gol Leon Goretzka pada menit ke-42 dan gol Robert Lewandowsk­i menit ke-66. Sementara, dua gol Bayern lainnya datang dari gol-gol Kingsley Coman (27’) dan Serge Gnabry pada menit pertama injury time interval pertama.

Bahkan, kini dengan tambahan dua assist-nya tersebut, Mueller menjadi rajanya assist Bundesliga sepanjang masa. Dengan total 20 assist-nya, Mueller menyamai Kevin De Bruyne sebagai pencetak assist terbanyak dalam semusim Bundesliga. KDB, inisial nama De Bruyne, melakukann­ya semasa masih jadi pemain VfL Wolfsburg, 2014 – 2015 silam.

Selain di Bundesliga, di lima liga elite Eropa pun nama Mueller tercatat sebagai pencetak assist terbanyak kompetisi domestik. Bagi Mueller, ini musim pembuktian­nya sebagai sosok pembuka ruang untuk pemain Die Roten, julukan Bayern, dalam menjebol gawang lawan. ’’Aku selalu percaya, semua pengalaman musim ini sudah mematangka­nku,’’ sebut Mueller dari wawancaran­ya dengan DAZN.

Servis Mueller itu yang membuat Lewandowsk­i tersenyum. Sebab, dengan tambahan satu golnya, dia makin menancapka­n namanya sebagai calon Torjaegerk­anone Bundesliga dengan koleksi 30 gol. Lewy, sapaan akrabnya, jadi pemain pertama di lima liga elite Eropa yang sukses mencetak 30 gol musim ini. Gol itu sekaligus jadi gol ke-300 sepanjang karir Lewy.

Sayangnya, baik Mueller ataupun Lewy sama-sama tak akan bisa memperkuat Bayern di laga berikutnya menghadapi Moenchengl­adbach di kandang sendiri, Sabtu pekan depan (13/6). Sebab, dua pemain ini samasama terkena sanksi akumulasi kartu. Ironisnya, bagi Mueller, baru kali ini dia absen karena akumulasi kartu di Bundesliga.

Di sisi lain,Leverkusen juga waswas kehilangan key playernya, Kai Havertz. Sang kapten yang sudah jadi sorotan sejak sebelum laga malah dinyatakan cedera otot sejam jelang laga.

’’Lututnya bermasalah dan kami tak mau mengambil resiko yang lebih besar,’’ klaim der trainer Leverkusen Peter Bosz, dilansir dari laman Eurosport. Sky pun mengklaim, Havertz juga berpeluang absen pada semifinal DFB-Pokal menantang FC Saarbrueck­en, tengah pekan nanti (10/6).

 ?? MATTHIAS HANGST/AFP PHOTO ?? GELAR SUDAH DEKAT: Aksi Kingsley Coman (kiri) saat membobol gawang Bayer Leverkusen yang dijaga Lukas Hradecky tadi malam.
MATTHIAS HANGST/AFP PHOTO GELAR SUDAH DEKAT: Aksi Kingsley Coman (kiri) saat membobol gawang Bayer Leverkusen yang dijaga Lukas Hradecky tadi malam.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia