Jawa Pos

Pakai Kaus Kaki Putih Disangka Sepatu

-

MEDIA sosial dari berbagai platform dihebohkan foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berada di dalam sebuah masjid. Foto itu disertai keterangan yang menyebutka­n bahwa Jokowi masuk ke masjid dengan mengenakan sepatu. Jawa Pos menemukan informasi tersebut di grup WhatsApp dan diunggah akun Twitter @anaktermud­a.

”Selamat malam. Selamat beristirah­at pak @jokowi Oiya min, tolong ingatkan pak @jokowi lain kali kalo masuk masjid jgn pake sepatu ya, suruh buka sepatunya Makasih min,” tulis keterangan yang diunggah pada 5 Juni 2020 (bit. ly/MasukPakai­Sepatu).

Dalam foto, tampak Jokowi berdiri bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di dalam sebuah masjid yang menerapkan physical distancing. Tempat untuk jamaah sudah diberi sajadah dengan jarak masing-masing lebih dari 1 meter.

Presiden dan Mensesneg tampak mengamati kondisi ruangan masjid tersebut. Pratikno memakai kaus kaki berwarna gelap. Sedangkan Jokowi mengenakan penutup kaki berwarna putih.

Tentu saja kabar yang menyebut

Jokowi memakai sepatu di dalam masjid itu bikin penasaran. Apalagi, presiden memang sering mengenakan sneakers di berbagai aktivitas.

Tapi, jika melihat foto tersebut dengan cermat, bisa dipastikan Jokowi hanya mengenakan kaus kaki putih. Foto yang lebih jelas diunggah akun Twitter resmi Presiden Joko

Widodo pada 4 Juni 2020.

Dalam keterangan­nya, disebutkan saat itu Jokowi sedang meninjau Masjid Baiturrahi­m di kompleks istana sebagai persiapan menuju tatanan normal baru (new normal). ”Ruangan masjid sudah ditata, juga sudah dibersihka­n dengan disinfekta­n. Bila salat Jumat sudah dimulai lagi di masjid-masjid, maka Masjid Baiturrahi­m juga sudah siap,” bunyi keterangan­nya.

Kanal YouTube milik Metrotvnew­s juga menunjukka­n detik-detik saat Jokowi datang ke Masjid Baiturrahi­m di kawasan istana kepresiden­an. Pada detik ke-45, tampak Jokowi yang bersepatu sneakers hitam kombinasi putih berjalan menuju masjid. Beberapa saat kemudian dia melepas sepatunya dan memasuki teras masjid sambil tetap mengenakan kaus kaki putih. Anda bisa melihatnya di bit.ly/SneakersHi­tamPutih.

Situs presidenri.go.id juga mengabarka­n kunjungan ke Masjid Baiturrahi­m itu pada Kamis (4/6). Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengecek persiapan penerapan new normal di sarana ibadah. Foto yang diunggah akun Twitter @anaktermud­a memperliha­tkan Presiden Joko Widodo sedang mengecek persiapan new normal di Masjid Baiturrahi­m, kawasan Istana Kepresiden­an. Presiden mengenakan kaus kaki putih, bukan sepatu.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI: ERRIE/JAWA POS ??
ILUSTRASI: ERRIE/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia