Jawa Pos

Mulai Nge-Game di Usia 50 Tahun, Ketagihan hingga Usia 90 Tahun

Sepuluh tahun lagi usianya satu abad. Jiwanya masih sangat muda. Hobinya tidak biasa untuk orang lansia. Hamako Mori, nenek dari Chiba, Jepang, itu adalah YouTuber gaming yang tak mudah dikalahkan.

- MOCHAMAD SALSABYL AD’N,

Jawa Pos

SETIAP hari Hamako Mori tak pernah melewatkan rutinitas peregangan tangan dan jari. Bagi dia, hal tersebut mungkin lebih penting daripada meregangka­n leher, pinggang, atau lutut. Sebab, kelincahan jarinya jadi modal untuk melakukan hobinya sehari-hari.

Perempuan 90 tahun itu memang hobi memainkan gamepad alias stik dan menamatkan permainan dari berbagai konsol video. Keterampil­an Mori bermain video game tak bisa dianggap remeh. Dia boleh jadi lebih cakap daripada sebagian besar pemain amatir di dunia. Karena itu, pensiunan asal Chiba, Jepang, itu menarik perhatian 300 ribu subscriber di kanal YouTube-nya. ’’Saya selalu semangat kalau harus bermain. Karena itu, saya selalu senang setiap hari,’’ ungkap dia kepada Agence France-Presse.

Jika dilihat sekilas, Mori tak tampak eksentrik. Rambutnya selalu diikat dan kacamata tebal selalu dipakai. Namun, dia tak bisa melewati hari tanpa bermain game. Dalam sehari minimal dia menyediaka­n waktu tiga jam untuk nge-game. Kata dia, mengalahka­n monster atau menamatkan misi merupakan pelepas stres dan kejenuhan.

’’Seingat saya, dia selalu suka bermain game. Padahal, orang yang bertambah tua bakal perlahan bosan dengan permainan-permainan tersebut,’’ ungkap Keisuke Nagao, cucu satusatuny­a dari Mori.

Hobi tersebut dimulai sejak hampir empat dekade lalu. Awalnya, dia pusing melihat anak-anaknya kecanduan dengan konsol game bernama Cassette Vision. Pada akhirnya, dia membeli konsol tersebut.

Namun, dia malah ikut terpikat dengan permainan tersebut. Sejak itu, dia selalu mengikuti perkembang­an industri video game. Dia sudah menamatkan Super Mario Brothers, Dragon Quest, Final

Fantasy, sampai Call of Duty. Seperti pemain game lainnya, terkadang dia terjaga sampai pukul 2 dini hari untuk menamatkan misi. ’’Saya baru pertama menemukan hal yang menakjubka­n seperti ini di dunia,’’ ujarnya.

Sejak itu, dia sudah memainkan lebih dari 200 judul video game. Di antara itu, permainan paling favoritnya adalah Grand Theft Auto dan Elder Scrolls V: Skyrim. Alasannya, dia bisa melakukan apa saja tanpa terikat sebuah cerita dalam dua game tersebut.

Pada 2014 hobi tersebut berubah menjadi karir. Dengan bantuan dari cucunya, dia merekam videonya memainkan berbagai game. Nama kanalnya unik. Gamer Grandma. Seiring waktu, videonya ditonton jutaan kali dan subscriber-nya mencapai 300 ribu. ’’Menurut saya, bermain sambil dilihat banyak orang lebih menyenangk­an daripada bermain sendiri.

Di kanal tersebut, dia juga mengunggah video-video lain. Unboxing PlayStatio­n 4 adalah unggahan pertamanya tiga tahun lalu. Tiga bulan lalu dia mengunggah video perayaan ulang tahunnya ke-90.

Video perayaan ulang tahunnya rupanya membuat Guinness World Records memberikan hadiah paling istimewa. Kini Mori memegang rekor sebagai YouTuber gaming paling tua sedunia.

Di usia renta, jari Mori makin lambat. Dia mengatakan bahwa ada beberapa game yang makin susah dimainkan karena butuh kelincahan jari yang lebih. ’’Memang akhir-akhir ini lebih susah (bermain game, Red). Tapi, bukan berarti saya mau berhenti,’’ jelasnya.

Dia mengatakan masih ingin mencoba sensasi bermain PlayStatio­n 5 yang akan dirilis akhir tahun ini.

 ?? KEISUKE NAGAO/AFP ?? SEMANGAT HIDUP: Hamako Mori bermain games di rumahnya di Matsudo, Chiba, Jepang. Guinness World Records menobatkan­nya sebagai YouTuber gaming paling sepuh di dunia.
KEISUKE NAGAO/AFP SEMANGAT HIDUP: Hamako Mori bermain games di rumahnya di Matsudo, Chiba, Jepang. Guinness World Records menobatkan­nya sebagai YouTuber gaming paling sepuh di dunia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia