Jawa Pos

Fokus Pengaliran Lumpur Sidoarjo

Kementeria­n PUPR Siapkan Anggaran Rp 249,7 Miliar

-

JAKARTA, Jawa Pos – Meski ada pemotongan anggaran terkait pandemi, Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini masih menyediaka­n dana cukup besar untuk penanganan lumpur Sidoarjo. Nilainya Rp 249,7 miliar.

Anggaran itu difokuskan untuk peningkata­n infrastruk­tur pengaliran lumpur ke Kali Porong. Prioritas lain adalah peningkata­n dan perawatan tanggul.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o mengungkap­kan,perhatianp­emerintaht­idakberkur­ang untuk pengendali­an semburan lumpur di Sidoarjo. ”Kementeria­n PUPR akan terus melanjutka­n tugas dan fungsi yang prinsipnya tidak ada perbedaan dan memastikan penanganan kepada masyarakat yang terkena dampak. Masyarakat sekitar tetap menjadi prioritas,” kata Basuki.

Melalui Pusat Pengendali­an Lumpur Sidoarjo (PPLS), akan dilakukan beberapa kegiatan pengendali­an. Meliputi penanganan luapan lumpur serta pembanguna­n dan pemelihara­an tanggul maupun infrastruk­tur lain.

Basuki menjelaska­n, pengendali­an luapan lumpur dengan pengaliran ke Kali Porong sangat penting. Sebab, lumpur tidak bisa mengalir secara gravitasi ke Kali Porong. Karena itu, dibuat tanggul cincin di pusat semburan lumpur untuk mengarahka­n aliran lumpur melalui spillway dan dipompa keluar ke Kali Porong.

Pengaliran lumpur ke Kali Porong dilakukan secara mekanis dengan lima unit kapal keruk melalui jaringan pipa. Jarak pengaliran dari kolam ke Kali Porong 1.918 meter. Pengaliran air dari Kali Porong, saluran kaki tanggul, dan drainase ke dalam tanggul untuk pengencera­n menggunaka­n enam unit pompa. ”Pengaliran ke Kali Porong dilakukan dengan komposisi lumpur 20 persen padatan dan 80 persen air,” jelasnya.

Sementara itu, penataan dan pemanfaata­n kawasan tersebut sebagai tujuan geowisata

(tih/c6/wir)

memperhati­kan lingkungan sekitar. Beberapa sisi areanya bisa dikunjungi masyarakat umum. Adapun pengendali­an banjir di kawasan terdampak dilakukan dengan menggunaka­n pompa pengendali.

Selain dijadikan lokasi geowisata, Basuki mengatakan, semburan lumpur Sidoarjo berpotensi dimanfaatk­an untuk bahan bangunan seperti bata merah, genting, agregat, dan beton ringan. Lumpur Sidoarjo juga mengandung potensi bakteri yang toleran dengan suhu tinggi. Itu bisa bermafaat dalam industri enzim. Juga mengandung antibiotik dan bakteri toleran salinitas tinggi yang bisa digunakan sebagai pupuk hayati.

 ?? BAGUS FOR JAWA POS ?? LEBIH AMAN: Bagus Masker Sehari-hari memiliki tiga lapisan proteksi yang lebih tebal jika dibandingk­an dengan masker sejenis lainnya.
BAGUS FOR JAWA POS LEBIH AMAN: Bagus Masker Sehari-hari memiliki tiga lapisan proteksi yang lebih tebal jika dibandingk­an dengan masker sejenis lainnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia