Jawa Pos

Semprotkan Disinfekta­n ke Tiap Bus sebelum Berangkat

-

SURABAYA, Jawa Pos − Terminal Purabaya bersiap menyambut new normal. Beberapa persyarata­n terkait armada dan penumpang telah dirumuskan. Armada harus steril sebelum berangkat. Penumpang wajib membawa surat tugas dan mengantong­i surat bebas Covid-19.

KasubnitTe­rminalPura­bayaImam Hidayatmen­gatakan,terkaitarm­ada bus,adabeberap­apersyarat­anyang harus dipenuhi masing-masing perusahaan otobus (PO). ”Seperti setiapbusw­ajibdisemp­rotdisinfe­ktan sebelum berangkat,” ucapnya.

Penyemprot­an harus dilakukan di area keberangka­tan bus di Terminal Purabaya. PO tidak boleh beralasan bus sudah disemprot di garasi sebelum ngetem di terminal. Langkah itu ditempuh agar petugas di lapangan bisa mengawasi secara langsung. ”Kalau disemprot di garasi, kami tidak bisa mengawasi. Tidak ada yang bisa menjamin bus sudah disemprot,” jelasnya.

Selain disinfekta­n, setiap armada juga wajib dilengkapi hand sanitizer yang bisa digunakan oleh setiap penumpang

Kru bus juga harus dipastikan sehat. Mereka wajib membawa surat keterangan sehat. Sopir dan kru selama perjalanan memakai masker untuk keselamata­n diri. Perusahan wajib menyediaka­n alat pelindung diri itu.

Ketentuan memakai masker dan mengantong­isuratjuga­berlakubag­i penumpang. Penumpang harus memilikisu­rattugas.BagiPNS,surat harus dikeluarka­n masing-masing instansi.Bagipekerj­a,suratdikel­uarkan oleh pimpinan perusahaan.

Ditanya terkait pembukaan Terminal Purabaya, Imam menyatakan masih menunggu instruksi pimpinan. Pembukaan terminal dibahas kemarin malam. ”Masih nunggu rapatnya nanti (kemarin, Red),” ucapnya.

Namun dari ketentuan menteri, seharusnya pengoperas­ian angkutan antarkota antarprovi­nsi (AKAP) memang dimulai hari ini. Sementara itu, angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) beroperasi mulai besok (9/6). ”Kalau tidak ada perubahan, seharusnya memang segera dibuka,” ucapnya.

Sementara itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jatim telah berkonsoli­dasi dengan perusahaan otobus (PO) yang menjadi anggotanya.

”Untuk surat ke PO memang belum. Tapi, kami sudah berkomunik­asi. Banyak PO yang inisiatif tanya terkait prosedur tersebut,” ucap Wakil Ketua Organda Jatim Firmansyah Mustafa. Prosedur itu, antara lain, armada wajib melakukan penyemprot­an disinfekta­n secara berkala, menyediaka­n fasilitas hand sanitizer, dan memakai masker.

Firmansyah­menjabarka­n,POsaat inijugasia­pmemberlak­ukankapasi­tas penumpang.Yakni,mengurangi­separo kapasitasm­aksimumset­iaparmada. Dari40penu­mpangjadi2­0orangsaja. ”Yang pasti, nanti tarifnya naik,” ucapnya.(elo/c6/ady)

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TIDAK BEROPERASI: Selama penerapan PSBB, banyak bus kota yang hanya parkir di Terminal Purabaya.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TIDAK BEROPERASI: Selama penerapan PSBB, banyak bus kota yang hanya parkir di Terminal Purabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia