Jawa Pos

Pemkot Tak Menerima Kabar Penundaan dari FIFA

Renovasi GBT untuk Piala Dunia U-20 Tetap Berlanjut

-

SURABAYA, Jawa Pos – Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) terus bersolek hingga kemarin (7/6). Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i memastikan pembanguna­n stadion yang diresmikan pada 2010 itu tidak mandek akibat pandemi.

Kemarin alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut meninjau langsung pembanguna­n stadion. Risma tiba di lokasi pada pukul 10.45. Mantan kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Kota (Bappeko) Surabaya itu didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati serta Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Edi Santoso.

Wali kota perempuan pertama di Surabaya tersebut menyatakan, pihaknya tidak mendapat kabar apa pun dari penyelengg­ara Piala Dunia U-20 2021. ’’Kalau ditunda atau apa begitu, kami nggak ada info sampai sekarang. Tetapi, kalau Surabaya menjadi salah satu lokasi penyelengg­araan, itu sudah kami dengar,’’ jelasnya saat ditemui di GBT kemarin.

Risma terus memberikan lampu hijau untuk pemugaran GBT agar sesuai dengan standar pelaksanaa­n Piala Dunia. Dia menegaskan bahwa pemkot tidak lagi memiliki tanggungan terkait dengan pembebasan lahan. Menurut dia, persoalan lahan untuk kepentinga­n GBT telah dituntaska­n. Termasuk, lanjutnya, lahan yang digunakan untuk membangun jalan tembusan di sisi timur dan barat stadion.

Jalan di sisi barat itu menghubung­kan stadion dengan flyover Teluk Lamong. Saat ini, kata Risma, proyek jalan tersebut terus digarap. Jalan itu memiliki panjang 1,5 km dan dua jalur. Yakni, jalur ke arah stadion dan jalur keluar menuju flyover Teluk Lamong. Lebar setiap jalur sekitar 7,5 meter.

Sementara itu, di sisi timur stadion, tepatnya di Jalan Jawar, pemkot melebarkan jalan agar akses masuk ke stadion tidak terlalu sempit. Jalan diperlebar sekitar 5 meter. Pelebaran jalan pun terus berlangsun­g hingga kini.

Selain menyambang­i proyek penambahan akses menuju GBT, Risma blusukan masuk ke area stadion. Dia sempat menghubung­i salah satu satuan kerja (satker) yang terlibat dalam proyek GBT. Risma memprotes peletakan pintu keluar dan masuk bagi ruang media atau wartawan.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? CEK: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i meninjau Stadion GBT kemarin. Renovasi terus berlanjut di tengah pandemi.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS CEK: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i meninjau Stadion GBT kemarin. Renovasi terus berlanjut di tengah pandemi.
 ?? RIANA SETIAWAN / JAWA POS ?? PELINDUNG: Meiliana Sabatini mengikuti prosedur pemeriksaa­n di Vasa Hotel beberapa waktu lalu. Sejumlah hotel siap untuk menerapkan protokol new normal.
RIANA SETIAWAN / JAWA POS PELINDUNG: Meiliana Sabatini mengikuti prosedur pemeriksaa­n di Vasa Hotel beberapa waktu lalu. Sejumlah hotel siap untuk menerapkan protokol new normal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia