Jawa Pos

Rampung Akhir Juni

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n Sentra Wisata Kuliner (SWK) Wiyung terus dikebut. Mulai Maret lalu, bangunan lama dibongkar. Kemarin (7/6) bangunan baru mulai terlihat. Kerangka besi dan atap sudah dipasang. Bahkan, ukurannya lebih tinggi daripada sebelumnya.

’’Ya, ketinggian atap sekitar 4 meter,’’ ungkap Kabid Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian.

Dia menyatakan, ketinggian itu ditentukan berdasar evaluasi dan keluhan dari para pedagang SWK. Mereka mengeluh kepanasan sepanjang hari. Terutama pada siang hari. Alasannya, atap terlalu rendah. Hanya 2 meter. Karena itulah, SWK Wiyung direnovasi.

Iman menjelaska­n, sekarang pekerja sedang menyelesai­kan struktur gedung. Beberapa bagian kerangka besi yang belum terpasang dilengkapi. ’’Sudah mencapai 60 persen. Tak lama lagi selesai,’’ katanya.

Ya, pengerjaan tersebut berlangsun­g tiga bulan. Artinya, bulan ini renovasi SWK Wiyung ditargetka­n rampung. Berdasar data yang diperoleh, nilai proyek pembanguna­n SWK Wiyung mencapai Rp 1 miliar. Item pekerjaan bukan hanya penggantia­n atap, tetapi juga lantai.

Iman mengungkap­kan, ada penambahan fasilitas seperti jumlah kamar mandi. Dia berharap perbaikan SWK sesuai dengan harapan pedagang. Mereka bisa makin nyaman berjualan. Begitu pun pembeli.

Ke depan, lanjut dia, lahan parkir diintegras­ikan dengan kantor lama Kelurahan Wiyung. ’’Saat ini kantor dipakai sementara untuk lapak pedagang SWK Wiyung. Mereka berjualan sementara di sana selama pembanguna­n berlangsun­g,’’ terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia