Jawa Pos

Imigrasi Juanda Siapkan Layanan Paspor Keliling

Beroperasi Sabtu dan Minggu demi Fasilitasi Pemohon Sibuk

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya meluncurka­n layanan mobil paspor keliling Sabtu– Minggu. Layanan tersebut dibuat untuk memfasilit­asi pemohon paspor yang tidak bisa mengikuti pembuatan dokumen di hari aktif.

Kabid Teknologi Informasi dan

Komunikasi Keimigrasi­kan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya Nanang Mustofa mengatakan, layanan mobil keliling tersebut saat ini sudah siap. Kini imigrasi tinggal menunggu instruksi dari pusat terkait dengan pembukaan layanan pengurusan paspor itu.

’’Kalau sudah ada instruksi new normal, layanan bisa dijalankan,’’ ucapnya. Layanan mobil keliling itu akan difokuskan pada Sabtu dan Minggu. Tujuannya, pemohon yang tidak bisa mengurus di hari aktif bisa memilih layanan akhir pekan tersebut.

Untuk bisa mendaftar di layanan mobil keliling itu, pemohon harus mengambil nomor antrean secara online lebih dulu. Setelah mendapatka­n nomor antrean dalam sistem online tersebut, pemohon akan diberi informasi di mana bisa menikmati layanan mobil keliling itu.

Nanang menuturkan, guna menghindar­i kerumunan, akan dibuat kuota untuk layanan mobil keliling tersebut. Dalam satu hari, mobil keliling maksimal melayani 50 pemohon paspor. Protokol kesehatan juga akan diterapkan untuk kenyamanan bersama.

Layanan yang bisa diproses mobil keliling adalah membuat paspor baru atau memperpanj­ang masa aktif. Proses tunggunya sama dengan layanan di kantor imigrasi.

Saat ini, untuk layanan mobil keliling, imigrasi baru mempunyai satu unit. Karena itu, jadwal mobil keliling akan dibuat bergantian ke Surabaya atau Sidoarjo. Tempat pelayanann­ya akan berganti-ganti sesuai kebutuhan.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? UJI COBA: Petugas mengecek peralatan yang terpasang di mobil pembuatan paspor keliling.
EDI SUSILO/JAWA POS UJI COBA: Petugas mengecek peralatan yang terpasang di mobil pembuatan paspor keliling.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia