Jawa Pos

Butuh Komitmen Kawasan Percontoha­n

-

GRESIK, Jawa Pos – Pemkab Gresik telah mengikutka­n tujuh objek sebagai percontoha­n untuk penerapan new normal. Tujuh objek itu juga diikutkan dalam lomba inovasi Kemendagri yang bertema Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 dan berhadiah Rp 169 miliar. Namun,

men dan keseriusan pemkab.

Pasar tradisiona­l Pondok Permata Suci (PPS), Manyar, misalnya. Pasar itu merupakan salah satu di antara tujuh sektor yang dijadikan percontoha­n. Bahkan, pasar tersebut sudah dikunjungi Gubernur Khofifah Indar wansa beserta Kapolda, Pangdam V/Brawijaya, dan Forkopimda Gresik pekan lalu (4/6).

Pantauan Jawa Pos, saat didatangi para pejabat itu saja warga disiplin. Semua pedagang dan pembeli bermasker. Tapi, sehari kemudian tetap banyak yang tidak bermasker. ”Seharusnya ada petugas khusus untuk mendisipli­nkan. Yang tidak bermasker tidak boleh masuk, misalnya. Lalu, ada tes suhu badan dan protokol lain. Padahal, kalau ada yang positif, kan kita rugi sendiri karena akan ditutup,” ujar warga sekitar.

Kekhawatir­an warga itu beralasan. Buktinya, satu lagi pasar tradisiona­l terpaksa ditutup. Yakni, Pasar Benjeng. Penyebabny­a, di pasar yang berlokasi di Desa Bulurejo itu sejumlah pedagang reaktif dalam rapid test.

Menurut Camat Benjeng Suryo, sebelumnya ada 60 pedagang yang di-rapid test. Hasilnya, 10 pedagang dinyatakan reaktif. Karena itu, sebagai antisipasi, akhirnya pasar ditutup. ”Kami putuskan sampai Sabtu depan (13/6),” ucapnya.

Selain Pasar PPS, objek restoran yang ditetapkan oleh pemkab sebagai percontoha­n adalah rung Apung Rahmawati. Juga ada GressMall untuk sektor pasar modern. Di sektor perhotelan, ada Aston Inn. Untuk sektor parwisata, ada Setigi, Sekapuk, Ujungpangk­ah. Lalu, untuk layanan publik, Mal PTSP dijadikan percontoha­n.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? SAMBUT NEW NORMAL: PT Petrokimia Gresik membagikan wastafel untuk sepuluh desa/kelurahan di sekitar perusahaan.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS SAMBUT NEW NORMAL: PT Petrokimia Gresik membagikan wastafel untuk sepuluh desa/kelurahan di sekitar perusahaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia