Jawa Pos

Rupa Bunga Sarana untuk Terapi Kehidupan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Deretan kanvas memenuhi studio milik seniman Anny Djon di Sidoarjo. ”Itu beberapa lukisan yang dihasilkan selama karantina mandiri,” ujar Anny. Dia kerap terinspira­si keindahan bunga. Menurut dia, rupa bunga bisa digunakan untuk terapi kehidupan. Dia melukisnya dengan gaya realis.

Pemilik nama asli Ani Rachmiani itu juga menjelaska­n makna beberapa lukisannya. Misalnya lukisan satu rangkaian bunga pada sebuah kanvas. Anny memberinya judul Bersinar dalam Gelap. Dia melukis dengan gaya realis atau menyerupai asli.

Ibu tiga anak itu menjelaska­n, rupa tersebut terinspira­si keadaan pandemi seperti saat ini. Pandemi disimbolka­n dengan unsur warna hitam. Namun, terdapat bunga yang berwarna terang sebagai simbol kebahagiaa­n. ”Saat ada pandemi, kita harus siap menerangi lingkungan sekitar dengan perhatian berupa bantuan moral maupun sosial,” ujar perempuan 64 tahun itu.

Anny menjelaska­n, rupa bunga ampuh untuk terapi kehidupan. Dapat mengajak senyum dan membawa kedamaian. Sebab, bunga yang asli memiliki bentuk dan aroma beragam. Karena itu, hampir seluruh karyanya bertema bunga. Berbagai fenomena sosial dia terjemahka­n ke dalam rupa bunga pada lukisannya.

Bukan hanya di kanvas, nenek tujuh cucu itu juga melukis di kain. Bahkan, dia mengaku semakin produktif selama karantina mandiri. Sejumlah lukisan sudah dia hasilkan. Juga ada kain yang sudah dia lukis. Dia pun berharap pandemi segera berakhir. Dengan begitu, dia bisa kembali memamerkan karya. Mengingat, Anny masih rutin berkontrib­usi pada pameran lukisan di berbagai daerah.

 ?? ANNY DJON FOR JAWA POS ??
ANNY DJON FOR JAWA POS
 ??  ?? DARI SIDOARJO: Anny Djon di antara lukisannya. Sebagian objek lukisannya berupa bunga.
DARI SIDOARJO: Anny Djon di antara lukisannya. Sebagian objek lukisannya berupa bunga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia