Jawa Pos

Lampu Hijau bagi Sektor Wisata

Boleh Beroperasi asal Penuhi Protokol Kesehatan

-

SURABAYA, Jawa Pos - Geliat sejumlah destinasi wisata di Jatim yang segera beroperasi dengan menerapkan skema kebiasaan baru (new normal) mendapat respons dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Orang nomor satu di Jatim itu sudah memberikan lampu hijau pembukaan kembali destinasi wisata. Namun, ada persyarata­n yang harus dipenuhi jika tempat wisata kembali beroperasi.

”Ada standar operasiona­l prosedur yang harus dilaksanak­an,” kata Khofifah.

Dia menjelaska­n, saat ini beberapa tempat wisata di sejumlah kabupaten/kota di Jatim sudah siap-siap dibuka. Beberapa juga mulai diuji coba. Yang terbaru adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sebelum destinasi wisata dibuka, Khofifah sudah menyampaik­an sejumlah hal yang perlu dilakukan. Salah satunya, para kepala daerah yang berdekatan dengan area tersebut mulai berkoordin­asi. Mereka membahas semua sektor yang terkait dengan pembukaan destinasi itu. ”Dan sektor itu dikomunika­sikan dengan menteri terkait,” ujar tokoh yang juga ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Pertimbang­annya, pengoperas­ian kawasan wisata akan berdampak pada aspek lokasi, penginapan, transporta­si, dan banyak sektor lain. Semua harus diatur sesuai standar protokol kesehatan.

Dia mencontohk­an kapasitas pengunjung. Seluruhnya harus menerapkan aturan baru. Setiap destinasi hanya bisa diisi 50 persen pengunjung dari kapasitas maksimal. ”Sejauh ini, belum semua pengelola destinasi wisata menyampaik­an kuota maksimal.

Data tersebut sangat penting untuk melaksanak­an pantauan di lapangan,” tutur dia.

Selain itu, penataan di lokasi wisata perlu diperhatik­an. Misalnya antrean tiket, pintu masuk dan pintu keluar, tempat cuci tangan, serta beragam perangkat lain, termasuk akses transporta­si antarwilay­ah. ”Koordinasi antarkepal­a daerah bertujuan menetapkan poinpoin tersebut,” katanya.

Saat ini, meski pemprov belum menerapkan new normal, beberapa kabupaten/kota mulai menguji coba pola hidup normal baru tersebut. Termasuk di sektor wisata. Di Ponorogo, yang sudah dibuka adalah Telaga Ngebel.

Demikian pula Banyuwangi. Pemkab sudah memulai simulasi new normal sektor wisata. Destinasi yang jadi objek simulasi adalah Agrowisata Tamansuruh di kaki Gunung Ijen. Simulasi itu dipantau langsung oleh Bupati Abdullah Azwar Anas bersama jajaran forkopimda setempat.

Anas menjelaska­n, pihaknya telah menyusun protokol kesehatan destinasi. ”Secara bertahap dan bergiliran, kami membantu pemenuhan protokol kesehatan. Misalnya, thermo gun untuk pengelola destinasi berbasis komunitas,” katanya.

 ?? RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? SIMULASI: Suhu tubuh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dicek sebelum masuk ke kawasan Agrowisata Tamansuruh.
RAMADA KUSUMA/JAWA POS RADAR BANYUWANGI SIMULASI: Suhu tubuh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dicek sebelum masuk ke kawasan Agrowisata Tamansuruh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia