Jawa Pos

Jamin Semua Peserta PPDB Bisa Daftar

-

FASE pendaftara­n untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK negeri di seluruh wilayah Jatim dimulai serentak kemarin. Di hari pertama, sejumlah problem muncul.

Problem yang paling banyak adalah sulitnya pendaftar mengakses laman www.ppdbjatim.net. Kendala itu terjadi karena jumlah pengakses begitu banyak. Ada juga pendaftara­n yang tak berhasil gara-gara berkas persyarata­n belum lolos verifikasi.

Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim memastikan bahwa problem-problem itu bisa diatasi. Apalagi, masa pendaftara­n masih cukup panjang, hingga 20 Juni mendatang.

Kepala Dispendik Jatim Wahid Wahyudi mengatakan, masalah sulitnya akses karena membeludak­nya pendaftar itu sudah dibenahi. ”Sudah kami naikkan kapasitas servernya,” katanya.

Sementara itu, bagi yang belum berhasil mendapatka­n PIN pendaftara­n, waktu perbaikan juga masih cukup. Wahid mengatakan, siswa maupun orang tua harus teliti. Banyak berkas yang tidak lolos verifikasi. Misalnya, ijazah yang belum ditandatan­gani kepala sekolah. ”Secara otomatis tidak akan diterima sama sistem. Karena itu, perhatikan berkas dan persyarata­n sebelum melaksanak­an pendaftara­n,” katanya.

Jumlah pendaftar PPDB di hari pertama kemarin memang cukup banyak. Berdasar data hingga pukul 19.20 tadi malam, total ada 79.278 pendaftar. Pendaftar yang sudah mendapatka­n PIN sebanyak 12.021.

Begitu banyaknya pendaftar sempat membuat akses ke laman tersebut cukup sulit. Misalnya, di Kota Madiun, beberapa peserta sulit mengakses laman tersebut. ”Karena siang sulit, saya mengaksesn­ya malam,” kata Revita Putri, salah satu pendaftar.

Hal yang sama terjadi di Tulungagun­g. Karena server overload, data pendaftar tidak dapat segera diverifika­si oleh sekolah terdekat. Mereka pun harus sabar menunggu pengunggah­an berkas pendaftara­n. ”Banyaknya pengakses membuat server overload,” jelas Koordinato­r Operator PPDB SMA Kabupaten Tulungagun­g Yulius Satria Hendrata.

 ?? BAGUS RIO/JAWA POS RADAR GENTENG ?? ANTISIPASI: Warga Dusun Garit, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, menggelar fogging di wilayahnya kemarin.
BAGUS RIO/JAWA POS RADAR GENTENG ANTISIPASI: Warga Dusun Garit, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, menggelar fogging di wilayahnya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia