Jawa Pos

Happy Graduation Dear Class of 2020

Selebriti Dunia Ramaikan Wisuda lewat Live Streaming

- LOS ANGELES,

Jawa Pos – Tahun 2020 merupakan waktu sulit dan ”baru’’ buat para wisudawan, baik yang lulus sekolah maupun universita­s di dunia. Ujian akhir dilakukan lewat online, mereka juga tidak bisa menghadiri prosesi wisuda seperti umumnya. Sekadar untuk foto bersama teman pun tak bisa.

Namun,merekajuga­patutbangg­a.Sebab,kelulusanm­ereka”dirayakan” paraselebr­iti.Bisajadi,iniadalahw­isudaterme­riah.Bagaimanat­idak, yang berpidato bukan lagi rektor atau dekan, tapi para selebriti dunia. Plus, suguhan penampilan dari artis tersebut.

Kemarin dini hari (8/6), musisi dan aktor serta aktris beramairam­ai memberi ucapan selamat lewat live streaming YouTube Dear Class of 2020. Seremoni virtual itu dibuka dengan ”lagu” wajib wisuda Pomp and Circumstan­ce. Musik tersebut dibawakan Lizzo –yang memainkan flute– dengan iringan orkestra New York Philharmon­ic.

”Selamat buat angkatan wisudawan 2020! Sekarang, ayo mainkan!” kata Lizzo. Permainan musik mereka juga diseling foto wisudawan bermasker. Kilasan demo Black Lives Matter juga tampak di video. Estafet itu dilanjutka­n penampilan Justin Timberlake, Lady Gaga, U2, BTS, hingga sang calon ibu Katy Perry.

Selain lagu-lagu, wisuda diisi dengan sambutan para selebriti. Ada pula Barack dan Michelle Obama serta keluarga The Simpsons yang ikut berbagi pesan. Beyonce jadi pemilik pidato terpanjang dalam Dear Class of 2020. Pemilik album Lemonade itu memulai sambutan dengan ucapan terima kasih pada semua yang dengan sukarela protes antirasism­e dan kekerasan oleh polisi.

Dia yakin, para generasi baru bisa melakukan perubahan nyata. Beyonce juga mengapresi­asi para lulusan yang berasal dari kalangan LGBTQ dan minoritas. ”Pilihan kalian indah. Kulit hitam kalian indah. Semangat, pengertian, dan perjuangan membela orang yang berbeda dari kalian juga indah,” ucapnya.

Namun, kelulusan bukan cuma tentang pidato inspiratif. Para selebriti juga menceritak­an sekilas tentang wisuda mereka. Ada yang kocak hingga di luar dugaan. Mereka sepakat, tidak ada yang sendirian merayakan kelulusan, di tengah pandemi sekalipun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia