Jawa Pos

Kelinci Malaga Jadi False Nine

-

ADAPTASI saat La Liga bergulir nanti juga dilakoni Brahim Diaz. Gelandang muda (20 tahun) Real Madrid itu diproyeksi­kan entrenador Zinedine Zidane untuk bermain di posisi baru. Striker!

Ya, menjadi false nine alias striker palsu telah dijajal Brahim dalam beberapa kali latihan terakhir Real. Kelinci Malaga –julukan Brahim karena posturnya yang kecil (171 sentimeter) dan gaya dribelnya serta berasal dari Malaga– itu pun sukses memuaskan Zidane.

’’Ketika Brahim menjadi false nine, kolaborasi­nya dengan dua wide attacker, Vinicius Junior dan Rodrygo, lumayan mengesanka­n Zidane,’’ sebut Mundo Deportivo.

Sejak dibeli Real dari Manchester City pada Januari 2019, Brahim tidak pernah dimainkan di luar posisi aslinya sebagai gelandang. Meski begitu, Zidane bisa melihat naluri bagus Brahim dalam menciptaka­n gol.

Sepanjang ber-jersey Real, Brahim baru menyumbang dua gol untuk Real. Satu gol pada jornada ke-37 La Liga musim lalu melawan Real Sociedad dan satu gol lainnya ketika mengantark­an Real memenangi putaran ketiga Copa del Rey melawan Unionistas CF 3-1 pada 23 Januari lalu. Tapi, dua gol hanya dari 18 penampilan dan kebanyakan sebagai pemain pengganti boleh dibilang bagus.

Zidane memang bukan kali pertama menjajal pemain dari lini tengah sebagai false nine. Isco dan Marco Asensio pernah memerankan­nya. False nine menjadi opsi Zidane karena dengan jadwal La Liga yang padat Real tidak mungkin selalu mengandalk­an Karim Benzema sebagai striker.

Apalagi, backup Benzema, Luka Jovic, malah mengalami cedera retak tumit kanan sebulan lalu. Kemarin Jovic mengunggah foto di media sosial dengan masih menggunaka­n pelindung kaki. Banyak anggapan bahwa striker 22 tahun asal Serbia itu tidak akan bermain lagi sampai akhir musim.

 ?? JOSEP LAGO/AFP ?? RINDU MOMEN INI: Aksi striker Barca Lionel Messi (kiri) saat membobol gawang SD Eibar di Camp Nou (22/2) itu disaksikan 66.970 penonton.
JOSEP LAGO/AFP RINDU MOMEN INI: Aksi striker Barca Lionel Messi (kiri) saat membobol gawang SD Eibar di Camp Nou (22/2) itu disaksikan 66.970 penonton.
 ?? JAVIER SORIANO/AFP ?? BEDA POSTUR: Gelandang Real Brahim Diaz (kiri) bersama striker Real Luka Jovic dalam pertanding­an Copa del Rey di Estadio Pistas del Helmantico (23/1).
JAVIER SORIANO/AFP BEDA POSTUR: Gelandang Real Brahim Diaz (kiri) bersama striker Real Luka Jovic dalam pertanding­an Copa del Rey di Estadio Pistas del Helmantico (23/1).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia