Jawa Pos

AS Terbuka Mengkhawat­irkan

- NEW YORK,

Jawa Pos – Rencana Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) untuk tetap menggelar grand slam AS Terbuka pada akhir Agustus diragukan banyak pihak. Bahkan, WTA sendiri tidak yakin event tersebut bakal berjalan. Sebab, ini sudah mendekati pertengaha­n Juni dan situasi global yang dihantam virus korona baru belum juga membaik.

Presiden WTA Micky Lawler menyebutka­n, bukan hanya AS Terbuka yang sulit digelar. Melainkan juga sirkuit tenis secara umum. Sebelum ditemukann­ya vaksin untuk virus mematikan tersebut, segala upaya untuk kembali normal tak bisa dilakukan.

’’Yang saya tahu, USTA melakukan segalanya untuk tetap bisa menggelar grand slam. Demikian pula otoritas di Prancis (untuk Prancis Terbuka, Red). Tapi, itu tidak mudah,’’ papar Lawler dalam perbincang­an di acara TV Argentina, La Red. ’’Tanpa vaksin, pemain tidak bisa bepergian ke mana-mana,’’ lanjutnya sebagaiman­a dikutip situs resmi WTA. Sebelum berlangsun­g, biasanya sebuah grand

slam diawali dengan beberapa turnamen pemanasan di beberapa negara. Nah, agenda itu tidak boleh hilang jika AS Terbuka benar-benar digelar. Padahal, dalam kondisi seperti sekarang,

traveling adalah hal yang berisiko. ’’Kami akan memutuskan segala sesuatunya dalam dua pekan ke depan,’’ kata Lawler.

Di sisi lain, beberapa pemain mengungkap­kan kegamangan untuk kembali ke lapangan. Salah satunya Simona Halep. Pemain nomor dua dunia itu menyebut fisiknya menurun setelah tiga bulan tanpa turnamen. ’’Sebelum pandemi ini, paling lama aku hanya break 3–4 pekan. Itu saja kembali berlatih sangat berat. Apalagi ini tiga bulan lebih,’’ keluhnya.

 ?? PP PBSI FOR JAWA POS ?? HARUS OPTIMISTIS: Gregoria Mariska Tunjung tampil di BATC 2020 di Filipina (14/2). Dia punya kans besar lolos ke Olimpiade 2020 lewat sistem peringkat.
PP PBSI FOR JAWA POS HARUS OPTIMISTIS: Gregoria Mariska Tunjung tampil di BATC 2020 di Filipina (14/2). Dia punya kans besar lolos ke Olimpiade 2020 lewat sistem peringkat.
 ?? AFP ?? FISIK TURUN: Simona Halep tampil dalam kejuaraan di Dubai (21/2). Dia belum siap bertanding lagi.
AFP FISIK TURUN: Simona Halep tampil dalam kejuaraan di Dubai (21/2). Dia belum siap bertanding lagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia