Jawa Pos

Mau Aman, Masuk 10 Besar

Target Gregoria Tahun Depan

-

JAKARTA, Jawa Pos – Sektor tunggal putri bulu tangkis pelatnas masih waswas. Pada saat sektor lain sudah memastikan diri minimal satu tiket ke Olimpiade Tokyo 2020, sektor tersebut belum bisa bernapas lega. Saat ini Gregoria Mariska Tunjung menempati posisi ke-15 kualifikas­i Race to

Tokyo. Meski masuk 16 besar, dia jelas belum aman.

Jorji, sapaannya, sudah naik lima posisi dari peringkat asli. Pada sistem ranking yang asli, pemain 20 tahun itu berada di peringkat ke-20. Namun, dia diuntungka­n pembatasan kuota dua pemain per negara. Jika tidak masuk 16 besar, dia masih bisa mendapatka­n tiket sebagai perwakilan NOC. Namun, bukan itu yang diinginkan.

’’Secara pribadi ingin sekali lolos. Impian semua atlet pasti bermain di Olimpiade,’’ ungkap pemain kelahiran Wonogiri itu kemarin. ’’Saya ingin lolos ke Olimpiade karena secara ranking memang masuk. Bukan karena paling tinggi. Jadi, ini nanti membuat saya bisa lebih puas,’’ lanjutnya.

Kondisi tersebut sangat dipahami pelatih Rionny Mainaky. Dia mengakui, peringkat Jorji masih pas-pasan untuk bisa lolos ke Tokyo. Hanya, dia optimistis anak asuhnya tersebut masih punya kesempatan. ’’Menurut saya, dia memiliki kesempatan besar. Tinggal menjaga jangan sampai turun (ranking). Dia harus lebih baik dari yang kemarinkem­arin,’’ papar Rionny.

Karena itu, Rionny sudah memiliki target untuk Jorji. Dengan sisa kualifikas­i dilanjutka­n tahun depan, Rionny berharap Jorji bisa naik peringkat. Dia bakal menerjunka­n Jorji di lima turnamen. Yakni, German Open, Swiss Open, India Open, Malaysia Open, dan Singapore Open 2021.

’’Dari lima kejuaraan itu, kalau bisa masuk 16 besar atau semifinal, paling bagus bisalah dia (Jorji) naik peringkat ke-10. Itu peringkat yang paling aman,’’ ulas Rionny. ’’Memaksimal­kan turnamentu­rnamen itu, saya lihat bisa,’’ tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia