Jawa Pos

Evakuasi 3 Ribu WNI Kru Kapal Pesiar

- –

JAKARTA, Jawa Pos Tidak kurang 3 ribu kru kapal pesiar berkewarga­negaraan Indonesia dievakuasi melalui pelabuhan di Jakarta karena pandemi Covid-19. Terbaru, anak buah kapal (ABK) MV Rotterdam turun di Pelabuhan Tanjung Priok kemarin (8/6).

Panglima Komando Armada (Koarmada) I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono menuturkan, kapal pesiar tersebut berbendera Belanda. ”Kami menerima 343 ABK dari MV Rotterdam,” ungkap dia.

Namun, hanya 342 ABK yang turun melalui Jakarta Internatio­nal Container Terminal (JICT) itu yang dibawa ke hotel untuk menjalani isolasi selama 14 hari. Sebab, seorang ABK diketahui berkewarga­negaraan Bosnia yang kemudian diserahkan ke Kedutaan Besar Bosnia di Jakarta. ”Turun (di Jakarta) untuk kemudian kembali ke negaranya menggunaka­n pesawat,” imbuh Komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Hermanto.

Menurut Hermanto, sebelum lego jangkar di Teluk Jakarta, MV Rotterdam sudah melalui perjalanan dari Prancis dan Filipina.

Ahmadi Heri memastikan bahwa seluruh proses evakuasi telah memenuhi standar dan prosedur penanggula­ngan Covid-19. Prosedur dijalankan sebelum para

ABK turun dari kapal hingga diantar ke lokasi observasi.

Heri menjelaska­n, evakuasi ABK dari kapal pesiar dilaksanak­an Koarmada I bersama seluruh jajaran di bawahnya sejak April. Pihaknya juga berkoordin­asi dengan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilha­n) I, Kementeria­n Luar Negeri, dan instansi-instansi terkait lainnya.

Selain Jakarta, titik lain untuk pemulangan WNI yang menjadi kru kapal pesiar ada di Batam, Kepulauan Riau. Ada juga ABK yang pulang melalui Bali. ”Salah satu tugas kami adalah melaksanak­an evakuasi terhadap repatriasi atau pemulangan WNI,” kata Heri.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia