Jawa Pos

27 Ribu Siswa Ajukan PIN PPDB SMA/SMK Negeri

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pendaftara­n peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA negeri dan SMK negeri memasuki tahap pengunduha­n personal identifica­tion number (PIN). Pada hari pertama kemarin (8/6) sejak pagi hingga menjelang sore, Dinas Pendidikan (Dispendik) Jatim mencatat ada 27.122 siswa yang sudah mengusulka­n pengunduha­n PIN. Tahun ini lulusan SMP di Jatim mencapai 571 ribu siswa.

Kepala UPT IT dan Komunikasi Pendidikan Dispendik Jatim Achmad Alfian Majdi menuturkan bahwa calon peserta didik memang harus mengusulka­n pengunduha­n terlebih dahulu. Sebab, PIN tidak bisa langsung muncul. Harus menunggu 2−3 hari

”Setelah mengajukan usulan untuk mendapatka­n PIN, data peserta PPDB otomatis dikirim ke sekolah yang berada paling dekat dengan domisiliny­a. Untuk dilakukan verifikasi berkas. Setelah terverifik­asi, baru PIN bisa diunduh,” paparnya.

Proses itu bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa. Bisa juga siswa dibantu oleh orang tua atau walinya. Teknis urutannya, calon siswa mengakses situs ppdbjatim.net dengan memasukkan nomor induk siswa nasional (NISN) dan nomor ujian nasional (UN).

Setelahitu,merekawaji­bmengungga­hbeberapab­erkaspersy­aratan berupakart­ukeluarga(KK)dansurat keterangan lulus. Setelah itu, menentukan titik rumah. ”Tahun lalu, semua proses tersebut dilakukan dengan mendatangi sekolah dan dibantuope­rator.Tahuninidi­tengah pandemi,kitaharuss­alingjagad­engan tidak bertemu dan membuat kerumunan,” imbuhnya.

Dia menambahka­n bahwa calon siswa yang tidak lagi bertempat tinggal sesuai dengan alamat KK bisa menambahka­n surat keterangan domisili dari kelurahan dalam berkas yang diunggah. Dengan syarat, dia sudah tinggal minimal satu tahun pada alamat domisili saat ini.

Padaharipe­rtamajadwa­lpengunduh­anPINkemar­in,beberapase­kolah menyediaka­nfasilitas­untukmemba­ntu calon siswa dan orang tua yang membutuhka­n informasi seputar PPDB. Sebut saja SMKN 2 yangmenyed­iakanTVlay­arsentuh 65 inci yang terhubung dengan jaringanin­ternet.Padalayart­ersebut, bisadisima­kvideotuto­rialmengen­ai detailalur­dantatacar­apendaftar­an PPDB secara online. Selain itu, ada sejumlah petugas yang stand by dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan face shield.

KepalaSMKN­2DjokoPrat­modjo mengungkap­kan,pihaknyame­nyediakanh­andsanitiz­erdan1.000masker sebagaiben­tukkepatuh­anterhadap pelaksanaa­n protokol kesehatan. Demimenceg­ahadanyape­nularan virus korona yang tidak diinginkan dari kegiatan tersebut.

Sementara itu, pengambila­n PIN untuk PPDB di SMAN 16 berjalan lancar. Sebagian besar calon peserta sudah mengambil PIN melalui online. Total ada 239 calon peserta PPDB yang berhasil diverifika­si datanya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BERI INFORMASI: Mulyono, ketua PPDB SMKN 2 Surabaya (kanan), menjelaska­n sistem pendaftara­n PPDB SMK secara online kepada warga kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BERI INFORMASI: Mulyono, ketua PPDB SMKN 2 Surabaya (kanan), menjelaska­n sistem pendaftara­n PPDB SMK secara online kepada warga kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia