Jawa Pos

UTD PMI Surabaya Buka Layanan Donor Plasma Konvalesen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pasien Covid-19 yang sudah sembuh bisa berbagi. Caranya dengan menjadi pendonor plasma konvalesen. Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Surabaya membuka layanan bagi pendonor plasma konvalesen kemarin (8/6). Layanan tersebut bertujuan membantu penyembuha­n pasien Covid-19 yang saat ini menjalani perawatan.

’’Mulai hari ini (kemarin, Red) kami siap menerima pendonor plasma konvalesen,’’ ucap Wakil Ketua I PMI Kota Surabaya Tri Siswanto kepada Jawa Pos kemarin. UTD PMI Surabaya telah menyiapkan bed khusus untuk pendonor plasma konvalesen di ruang apheresis yang berbeda dengan pendonor darah umum.

Terkait pendonor plasma konvalesen,

Tri menyebutka­n bahwa saat ini pihaknya menggunaka­n dua skema. Pertama, menunggu data pasien sembuh Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya dan Jatim, baik by name by address maupun jenis golongan darahnya. Langkah kedua adalah meminta pasien sembuh

Covid-19 untuk datang ke UTD PMI. Bagi yang bersedia, alamat dan nomor HP-nya dicatat. ’’Mereka dihubungi petugas jika nanti plasma mereka dibutuhkan pasien yang sedang dirawat,’’ terangnya.

Kepala UTD PMI Kota Surabaya dr Budi Arifah menjelaska­n, ada beberapa persyarata­n bagi pendonor plasma. Di antaranya, pendonor adalah laki-laki. Lalu, berusia minimal 17 tahun hingga 60 tahun. Berat minimal pendonor 55 kilogram. UTD PMI Surabaya tidak merekomend­asikan pendonor perempuan dan sudah pernah melahirkan karena berisiko. ’’Syarat lain adalah pendonor harus pasien sembuh Covid-19. Mereka pernah sakit dan dirawat di rumah sakit,’’ jelasnya. Jadi, bukan sembuh karena pasien tersebut adalah orang tanpa gejala (OTG).

Selain itu, ada beberapa persyarata­n administra­tif yang wajib dipenuhi. Di antaranya, pendonor harus mempunyai hasil uji PCR negatif dua kali. Itu terhitung setelah pasien dinyatakan sembuh dari Covid-19 selama 14 hari.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? DIBUKA: Salah seorang staf UTD PMI Surabaya berada di ruang khusus pendonor plasma konvalesen.
EDI SUSILO/JAWA POS DIBUKA: Salah seorang staf UTD PMI Surabaya berada di ruang khusus pendonor plasma konvalesen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia