Jawa Pos

Program Jimpitan untuk Bantu Warga Karantina

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga punya berbagai cara untuk mendukung program penanganan Covid-19. Misalnya, yang dilakukan RW 7 Kelurahan Semolowaru, Sukolilo. Mereka membuat program jimpitan Covid-19 RW 7 (JR7). Tiap rumah wajib memasang kantong kecil di depan rumah. Tiap hari warga bisa memberikan beras sebanyak satu genggam atau uang Rp 500.

’’Nah, nanti uang dan beras itu digunakan untuk membantu warga,” kata Ketua RT 2, RW 7, Subchi Hidayat. Dia menjelaska­n, hasil jimpitan itu dipriorita­skan untuk membantu penduduk yang sedang dikarantin­a serta masyarakat yang terdampak secara ekonomi karena pandemi. ’’Kami juga menyediaka­n keranjang berbagi di pintu masuk kawasan RW 7. Siapa pun bisa mengambil dan meletakkan bantuan di sana,” tuturnya.

Perangkat RW juga menyediaka­n tempat khusus untuk isolasi warga. Yakni, sebuah ruangan berukuran 8 x 3 meter di kompleks masjid. Terdapat tiga barak dan dua kamar mandi. ’’Itu merupakan ruangan yang sementara ini belum dimanfaatk­an. Kami ubah menjadi ruang isolasi,” ujar Ketua RW 7 Kelurahan Semolowaru Yunus.

Ruang isolasi khusus itu memang disiapkan warga sebagai langkah mitigasi. Sebab, di wilayah tersebut sudah ada warga yang positif Covid-19 dan meninggal. ’’Kami berharap ruangan ini tidak pernah digunakan sama sekali. Tapi, kami tetap menyiapkan langkah jika hal itu terjadi,” ucapnya.

Lurah Semolowaru Suwarti mengatakan, dirinya mengapresi­asi langkah yang diambil warga. Langkah itu bisa memberikan rasa aman bagi warga yang ada di sana. ’’Artinya, di sini Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo benar-benar memainkan perannya,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia