Jawa Pos

Persiapan Pasang Rumput G10N

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya mengebut pengerjaan Stadion Gelora 10 November (G10N), Tambaksari. Saat ini proyek renovasi stadion sepak bola itu sudah mencapai 47 persen.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian Mahahandon­o menyatakan, saat ini perbaikan lapangan memasuki beberapa tahap pengerjaan. Di antaranya, pengerjaan drainase pipa air, pemasangan lapisan penguat, tanah untuk rumput, jacuzzi, dan bench. ’’Sebelumnya, dilakukan pemadatan tanah dan perbaikan pipa sprinkler di beberapa area,’’ jelasnya kemarin (8/6).

Menurut Iman, progres perbaikan drainase sudah mencapai 65 persen, pemasangan lapisan penguat 60 persen, lapisan lainnya 37 persen, dan media tanam pasir 30 persen. Serta, jacuzzi di ruang ganti pemain sudah 50 persen dan bench 60 persen. Total progres pengerjaan sudah mencapai 47 persen. ’’Pengerjaan rumput, tiang plus garis gawang, dan saluran U-ditch belum dilakukan,’’ ujar alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut.

Berdasar pengamatan di lapangan, saat ini pekerja berfokus mempercepa­t pemasangan rumput. ’’Kami jadwalkan pemasangan rumput dilakukan mulai Minggu mendatang (14/6),’’ katanya.

Pihaknya ingin memastikan kualitas tanah yang akan ditanami rumput cukup baik dan tahan dalam situasi apa pun. Setelah itu, pengerjaan dilanjutka­n dengan pembuatan tiang gawang dan garis permainan.

Iman menjelaska­n, proyek itu tetap dilanjutka­n karena mempertimb­angkan beberapa hal. Di antaranya, kerusakan dan proyek yang sudah masuk tender. Terjadi kerusakan 45 persen di sebagian lapangan. Kerusakan itu berbahaya jika tidak diperbaiki,. ’’Sempat ada wacana proyek ditahan dulu karena korona. Tapi, tim anggaran akhirnya memutuskan lanjut,’’ terangnya.

Proyek yang menelan anggaran Rp 6,4 miliar itu direncanak­an tuntas dua bulan mendatang. ’’Pengerjaan awal dilakukan pada Maret. Awalnya direncanak­an selesai pada Juli. Cuma, kondisinya belum memungkink­an,’’ ungkapnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SAMBUT PIALA DUNIA U-20: Alat berat meratakan tanah Stadion Gelora 10 November yang akan dipasangi rumput kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SAMBUT PIALA DUNIA U-20: Alat berat meratakan tanah Stadion Gelora 10 November yang akan dipasangi rumput kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia