Jawa Pos

Eksplorasi Make-up Karakter Legenda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Terinspira­si dari legenda, adat, dan tradisi masyarakat Indonesia, kelompok seni AF Entertainm­ent mengeksplo­rasi make-up karakter dari tokohtokoh dalam cerita rakyat. Lengkap dengan busana, aksesori, dan properti. Tim kemudian menyesuaik­an tempat dan latar belakang untuk pemotretan.

Sampai saat ini, sudah ada delapan karya yang dibuat dan diunggah ke media sosial. Founder AF Entertainm­ent Mohammad Afif menjelaska­n beberapa di antaranya. Misalnya, karakter legenda Calon Arang yang berasal dari Bali. Dia menggunaka­n karakter utama Calon Arang dan putrinya Ratna Manggali sebagai objek. ”Saya mendalami karakterny­a menggunaka­n referensi saat kuliah di jurusan seni tari dulu,” ujar alumnus Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasi­k) Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) itu.

Pada karakter Calon Arang, wajah model diberi make-up bold dengan lipstik hitam dan shading yang tajam. Menggambar­kan karakter yang tegas dan jahat. Lengkap dengan tatanan rambut yang hitam panjang serta busana nuansa hitam. Sementara itu, karakter make-up Ratna Manggali natural, menggambar­kan kecantikan seorang gadis desa. Dengan mengenakan busana adat Bali model kemben dan rambut disanggul ala gadis Bali.

Ada juga berbagai karakter legenda lain yang dikreasika­n.

Antara lain, Sangkurian­g dan Dayang Sumbi serta Mustika Ratu. Aktivitas itu dikerjakan enam orang dalam satu tim sejak 5 April lalu. Minaret Afif, itu merupakan ajang mengekspre­sikan kreativita­s di tengah pandemi. ”Saya terinspira­si dari karya-karya Jember Fashion Carnival (JFC). Saya buat lebih sederhana, tapi tetap khas Indonesia,” ujarnya.

Afif dan timnya juga membuat properti sendiri. Misalnya, hiasan kepala yang dipakai model. Setelah selesai, mereka mengambil gambar dengan lokasi yang sesuai. Mayoritas lokasinya di Unesa. Saat ini, AF Entertainm­ent tengah menyiapkan karakter legenda Jaka Tarub dan Nawang Wulan.

 ?? FREDI SETYAWAN - AF ENTERTAINM­ENT FOR JAWA POS ?? DALAMI KARAKTER: Kreasi make-up tokoh legenda Calon Arang dan Ratna Manggali karya tim AF Entertainm­ent.
FREDI SETYAWAN - AF ENTERTAINM­ENT FOR JAWA POS DALAMI KARAKTER: Kreasi make-up tokoh legenda Calon Arang dan Ratna Manggali karya tim AF Entertainm­ent.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia