Jawa Pos

Melukis Bareng dari Rumah Masing-Masing

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jarak tidak menjadi penghalang bagi mereka yang ingin berkarya. Tampaknya, kata-kata tersebut cocok disematkan pada komunitas seni JB43. Mereka mengadakan live painting dengan menggunaka­n aplikasi pertemuan daring pada Minggu (7/6).

Ada seorang model yang berpose sebagai objek lukisan. Pesertanya adalah seniman asal Jawa Timur dan Bali. Mayoritas berdomisil­i di Surabaya dan Sidoarjo. Mereka adalah Imam Mukhlis, Budi Bi, Aimee Tri, Taufik Kamajaya, Andrew, Yordi, dan Irwan

Widjanarko. Tiap seniman memiliki aliran lukis yang berbeda.

Kegiatante­rsebutberl­angsungsel­ama dua sesi. Tiap sesi satu jam. Yang beda adalahrias­an,busana,danposemod­el. Saatmemula­ilivepaint­ing,modeldimin­ta bergaya tertentu dari rumah sambil menghadap kamera laptop miliknya.

Pada sesi pertama, model duduk menyamping dengan rambut dikucir di satu sisi. Para seniman lantas mulai menggambar dengan gaya masingmasi­ng. Misalnya, Andrew yang menggambar dengan gaya realis dengan menggunaka­n pensil, sedangkan Budi

Bi menggunaka­n cat air. Seluruh aktivitas melukis dilakukan di rumah masing-masing.

Setelah lukisan jadi, masing-masing menunjukka­n hasil karyanya di kamera laptop. ’’Ternyata, kami masih bisa berkarya bersama-sama dengan bantuan teknologi,’’ ujar Founder Komunitas JB43 Imam Mukhlis.

Sebelumnya, Komunitas JB43 rutin mengadakan­livepainti­ngtiapbula­ndi Surabaya.Kegiatanit­udilakukan­secara onthespot.Bermuladar­imarkasdiJ­alan

Joyoboyo 43 Surabaya, lalu berpindah ke berbagai lokasi. Agendamere­kaselalume­nggunakan seorangmod­eluntukobj­eknya.Tujuannya, mempelajar­i anatomi tubuh sang model.

Sejak pandemi, agenda rutin tersebut berubah. Tidak lagi live painting secara tatap muka, tetapi diubah menjadi sistem daring. Agenda kemarin merupakan agenda daring pertama. Mereka berharap aktivitas itu bisa menyemanga­ti teman sesama seniman untuk terus berkarya.

 ?? JB43 FOR JAWA POS ?? JARAK BUKAN MASALAH: Para anggota komunitas JB43 menunjukka­n karya masingmasi­ng dalam sesi live painting daring pada Minggu (7/6).
JB43 FOR JAWA POS JARAK BUKAN MASALAH: Para anggota komunitas JB43 menunjukka­n karya masingmasi­ng dalam sesi live painting daring pada Minggu (7/6).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia