Jawa Pos

Proyek Indonesia Power Rampung Desember

-

SURABAYA, Jawa Pos – PT PAL Indonesia (Persero) melanjutka­n pembanguna­n dual fuel barge mounted power plant (BMPP) atau pembangkit terapung 60 mw Kolaka 1. Kini proyek itu memasuki tahap penting. Yakni, pemasangan lunas (bagian dasar) kapal alias keel laying.

Direktur Rekayasa Umum dan Harkan PT PAL Indonesia Sutrisno mengatakan bahwa keel laying menandai 44,61 persen pembanguna­n dual fuel BMPP 60 mw Kolaka 1 beres. ’’Kami terus melakukan mitigasi untuk meminimali­sasi risiko di tengah pandemi ini agar target tetap tercapai,’’ katanya dalam seremoni yang disiarkan secara live kemarin (9/6).

Kepala Proyek Dual Fuel BMPP PT PAL Indonesia Rudi Sugiarto melaporkan bahwa fase engineerin­g dan procuremen­t sempat terkendala Covid-19. Sebab, pada dua fase itu diperlukan banyak meeting, approval, dan klarifikas­i teknis. ’’Tapi, kami bersyukur proyek BMPP untuk elektrifik­asi Indonesia Timur ini berhasil memasuki tahapan keel laying,’’ ucapnya.

Rencananya, BMPP bakal launching pada Desember 2020. Dual fuel BMPP 60 mw Kolaka 1 merupakan salah satu dari tiga dual fuel BMPP 150 mw yang dipesan PT Indonesia Power. Perinciann­ya, pembangkit terapung berkapasit­as 2 x 60 mw di Kolaka dan 1 x 30 mw di Sambelia, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Pengembang­an dan Niaga PT Indonesia Power Adi Supriono memuji komitmen PT PAL dalam mengerjaka­n proyek dual fuel BMPP di tengah pandemi. Menurut dia, proyek tersebut vital dan menjadi bagian dari program elektrifik­asi nasional Presiden Joko Widodo di wilayah terpencil.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? KRUSIAL: Seremoni keel laying disiarkan langsung melalui kanal digital kemarin (9/6).
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS KRUSIAL: Seremoni keel laying disiarkan langsung melalui kanal digital kemarin (9/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia