Jawa Pos

Penghormat­an untuk Floyd

-

HOUSTON, Jawa Pos – George Floyd yang kematianny­a kembali menghidupk­an gerakan Black Lives Matter secara global itu bakal dikubur hari ini. Pada Senin (8/6), ribuan orang datang ke kampung halaman Floyd untuk memberikan penghormat­an terakhir.

Di bawah terik matahari, pelayat datang mengantre untuk bisa melihat kali terakhir jenazah Floyd di Gereja Fountain of Praise. Beberapa di antara mereka menggunaka­n kaus dengan gambar wajah Floyd dan kalimat ”I Can’t Breathe”, kata-kata terakhir pria 46 tahun itu. La’Torria Lemon, juru bicara penyelengg­aran upacara, mengatakan, setidaknya 6 ribu pengunjung hadir. ’’Apa yang terjadi padanya akan membuat perbedaan bagi dia,’’ ungkap Pam Robinson, teman masa kecil Floyd, kepada Associated Press.

Pemakaman Floyd bakal dihadiri kerabat dekat saja. Namun, upacara tersebut bakal ditayangka­n langsung oleh beberapa stasiun TV. ’’Hati kami sakit. Kami akan terus berjuang agar dia mendapatka­n keadilan,’’ ujar Philonise Floyd, adik kandung George Floyd.

Selama 14 hari, warga AS terus melakukan demonstras­i untuk meminta perubahan dalam sistem kepolisian dan penanganan isu rasisme. Lebih dari 10 ribu orang ditangkap di berbagai negara bagian karena menentang jam malam yang diberlakuk­an. Gerakan tersebut pun meluas ke beberapa negara lain.

Aksi tersebut baru saja mendapat tandingan dari serikat pekerja kepolisian. Anggota SP Kepolisian Philadelph­ia terlihat berkumpul di markas untuk mendukung salah satu anggota mereka, Joseph Bologna. Bologna sedang menghadapi tuntutan karena menyerang salah seorang demonstran dengan tongkat besi.

Beberapa pihak menganggap bahwa SP kepolisian merupakan salah satu alasan aparat yang bandel tak bisa ditindak. Menurut Ronal Serpas, mantan kepala kepolisian di New Orleans dan Nashville, serikat pekerja berhasil melakukan negosiasi terhadap sebagian besar tindakan indisiplin­er yang dilakukan institusi. ’’Untuk mengubah budaya kepolisian, kami juga harus mengubah kontrak selama ini,’’ paparnya kepada CNN.

 ?? RICARDO B. BRAZZIELL/AP ?? ATMOSFER DUKA: Keluarga George Floyd berbaur bersama demonstran saat upacara penghormat­an di Houston, Senin (8/6).
RICARDO B. BRAZZIELL/AP ATMOSFER DUKA: Keluarga George Floyd berbaur bersama demonstran saat upacara penghormat­an di Houston, Senin (8/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia