Jawa Pos

Tetap Setia dengan Jazz hingga Akhir

Musisi Kenamaan Benny Likumahuwa Wafat

-

TANGERANG SELATAN, Jawa Pos – Paro pertama 2020 bisa dibilang sebagai masa duka belantika musik Indonesia. Satu per satu musisi kenamaan meninggalk­an dunia.

Kemarin (9/6) sekitar pukul 08.30 WIB, musisi jazz BennyLikum­ahuwamenge­mbuskannap­asterakhir­di rumahnyadi­kawasanCip­utat,TangerangS­elatan.Ayah musisi jazz Barry Likumahuwa itu wafat pada usia 74 tahun akibat komplikasi diabetes dan ginjal.

MenurutBar­ry,kondisiaya­hnyamenuru­nsejakmasa pandemi Covid-19. Terlebih April lalu. ’’Sebenarnya beliaumasi­hbisakeman­a-mana.Tapi,pasPSBB,mentalnya drop karena nggak bisa ketemu keluarga,’ jelas Barry saat ditemui di rumah sang ayah.

Benny rutin menjalani prosedur cuci darah sejak 2018. Namun, Senin lalu (8/6), musisi yang bergabung dengan grup musik The Rollies pada era 60-an itu sempat tak sadarkan diri setelah cuci darah.

Sebelum wafat, pemain trombon tersebut punya sejumlah keinginan. Salah satunya, merayakan ulang tahun dirinya dan Barry. ’’Tanggal 18 Juni kan ulang tahun beliau. Nah, tanggal 14-nya saya ulang tahun.

Kami udah rencanain makan nasi kuning sama kumpul bareng,’’ ungkap Barry.

Benny kerap menantikan berakhirny­a PSBB. Sebab, musisi kelahiran Kediri itu ingin jalan-jalan ke pusat perbelanja­an bersama keluargany­a.

Dalam hal berkarya, semangat Benny juga masih berkobar. Dia dan Barry sempat tampil dalam event The Papandayan Jazz Festival 2019 di Bandung pada Oktober 2019. Meski hanya dijadwalka­n menerima penghargaa­n dan kondisi tubuhnya tak seprima dulu, Benny tetap bersikeras untuk tampil.

Sebuah proyek pun sudah direncanak­an Benny. Dia berniat menggelar konser dengan iringan musik orkestra. Benny ingin bernyanyi sambil sesekali main harmonika. ’’Maunya papa, dibikin kayak penampilan Frank Sinatra,’’ tambah Barry.

Ucapan dukacita juga datang dari pengamat musik BensLeo,kolegaBenn­y.Bens–yangkemari­nikutmelay­at– mengaku kaget dengan kepergian Benny, yang tetap passionate dalam bermusik meski berusia senja. ’Pas Java Jazz kemarin hadir tiga malam. Beliau sangat setia dengan musik jazz,’ tutur Bens.

Tadimalam,ibadahpeng­hiburandil­akukandiru­mah duka. Hari ini (10/6) sekitar pukul 12.00 WIB, setelah ibadahtutu­ppeti,jenazahBen­nyakandima­kamkandi TPU Jombang, Tangerang Selatan.

 ?? INSTAGRAM BARRY LIKUMAHUWA POS GLANDY BURNAMA/JAWA ??
INSTAGRAM BARRY LIKUMAHUWA POS GLANDY BURNAMA/JAWA
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia