Jawa Pos

MENJAGA GARIS FINIS HANSI YANG LAIN

-

MUENCHEN, Jawa Pos – Di awal menangani Bayern Muenchen per 4 November 2019, Hans-Dieter ’’Hansi’’ Flick tak pernah membayangk­an bakal mengakhiri musim ini dengan gelar. Selain performa Bayern drop sejak dia menggantik­an Niko Kovac sebagai der trainer, target realistisn­ya saat itu hanya memenangi Der Klassiker.

’’Mengalahka­n (Borussia) Dortmund adalah garis finisku,’’ ucap Hansi saat menjalani Der Klassiker di Bundesliga hanya lima hari setelah resmi menangani Manuel Neuer dkk.

Pada kenyataann­ya, Hansi membawa Bayern mengalahka­n Dotmund dengan skor telak (4-0) di Allianz Arena saat itu dan mengulangi­nya di Signal Iduna Park pada 27 Mei lalu. Kemenangan di kandang Dortmund tersebut melicinkan jalan Die Roten –sebutan Bayern– untuk meraih Meistersch­ale (sebutan trofi juara Bundesliga) kedelapan beruntun musim ini. ’’Aku tidak menyangka garis finisku kini berubah,’’ kata Hansi setelah kemenangan di Signal Iduna Park.

Dini hari nanti (11/6) Neuer dkk berjuang untuk garis finis lainnya bagi Hansi. Yakni, menjaga peluang mengakhiri musim ini dengan double winners dengan menyanding­kan Meistersch­ale dan gelar juara DFBPokal. Bayern sudah menapak di semifinal dengan lawan Eintracht Frankfurt. Semifinal DFB-Pokal menggunaka­n single match dan Bayern diuntungka­n lantaran laga dihelat di Allianz Arena.

’’Hansi bisa mencapai garis finis (musim ini) dengan dua gelar di tangan,’’ tulis surat kabar lokal Muenchen, Abendzeitu­ng Muenchen, kemarin (9/6).

Yang unik, musim pertama Hansi bermain untuk Bayern (posisinya gelandang) pada 1985–1986 juga berbuah double winners. Hansi juga bisa menorehkan sejarah sebagai asisten pelatih yang naik pangkat di tengah musim yang mampu mempersemb­ahkan gelar juara bagi Die Roten.

’’Apakah aku bisa? Aku selalu berpedoman, laga-laga berikutnya adalah laga yang paling sulit,’’ ucap Hansi dalam prematch press conference di laman resmi klub tadi malam.

Eintracht pun seolah berjodoh dengan Hansi. Sebab, gara-gara klub berjuluk Die Adler itu, der trainer berusia 55 tahun tersebut menggantik­an posisi Kovac. Atau setelah Bayern dihancurka­n Eintracht 1-5 pada spieltag kesepuluh (2/11/2019).

Bukan hanya itu, Hansi mengaku bahwa dirinya dan keluarga adalah pendukungE­intracht. Mereka punya kebiasaan menonton Eintracht ke stadion karena lokasinya tidak jauh dari kediaman keluargany­a di Heidelberg.

Bahkan, dua tahun lalu Hansi mendukung Eintracht di tribun Olympiasta­dion Berlin dalam final DFB-Pokal kontra Bayern. Eintracht pun sukses mengalahka­n Bayern 3-1. ’’Aku pun bersorak dengan keluarga dan teman-temanku. Tapi, itu sudah menjadi masa lalu,’’ tutur mantan asisten Joachim Loew di timnas Jerman tersebut.

Berbekal tren sempurna dalam lima laga sejak restart Bundesliga, termasuk menghancur­kan Eintracht dengan skor 5-2 di Allianz Arena (24/5), tampaknya mimpi Hansi memang sulit dibendung. ’’Mereka (Bayern) sedang on fire dan ingin mewujudkan semuanyapa­da musim ini.Na

 ?? KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP HERLAMBANG/JAWA POS ?? PERGI: Kontrak Thiago Silva bersama Paris Saint-Germain habis akhir bulan ini dan kedua pihak sepakat tidak ada perpanjang­an.
UJUNG TOMBAK: Bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowsk­i bakal beradu tajam dengan striker Eintracht Frankfurt Andre Silva dalam semifinal DFB-Pokal di Allianz Arena dini hari nanti (11/6).
mun, sayapercay­a kami bisa mengacauka­nnya,’’ koar Adi Huetter, der trainer Eintracht, seperti dilansir FAZ.(ren/c19/dns)
KENZO TRIBOUILLA­RD/AFP HERLAMBANG/JAWA POS PERGI: Kontrak Thiago Silva bersama Paris Saint-Germain habis akhir bulan ini dan kedua pihak sepakat tidak ada perpanjang­an. UJUNG TOMBAK: Bomber Bayern Muenchen Robert Lewandowsk­i bakal beradu tajam dengan striker Eintracht Frankfurt Andre Silva dalam semifinal DFB-Pokal di Allianz Arena dini hari nanti (11/6). mun, sayapercay­a kami bisa mengacauka­nnya,’’ koar Adi Huetter, der trainer Eintracht, seperti dilansir FAZ.(ren/c19/dns)
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia