Jawa Pos

Siapkan Tim Sebulan sebelum Kompetisi Digeber Lagi

-

LAMONGAN, Jawa Pos – Liga 1 2020 dijadwalka­n bergulir lagi September mendatang. Memang, belum ada kepastian soal kembali dimulainya kompetisi. Tapi, Persela Lamongan sudah berancang-ancang.

Pelatih Persela Nil Maizar sudah punya rencana. Jika kompetisi benarbenar digelar, dia akan mengumpulk­an pemainnya. Hal itu dilakukan untuk mengasah chemistry antar pemain. ’’Kami lihat kepastian kompetisi seperti apa. Lalu, kami akan melakukan persiapan satu setengah bulan atau lebih,’’ katanya.

Artinya, jika kompetisi dimulai September, tim sudah harus berlatih setidaknya akhir Juli nanti. Karena itu, diharapkan kondisi mulai membaik dalam waktu dekat. Sebab, sebelum kompetisi dimulai, tim setidaknya harus melakukan persiapan yang cukup panjang. Apalagi, kondisi fisik pemain juga jelas menurun. Maklum, mereka sudah lama tidak berlatih di lapangan.

Beruntung, PSSI sudah menyiapkan protokol kesehatan. Total, ada tujuh poin protokol yang dibuat. Di antaranya, ada poin supaya klub melakukan

rapid test pada H-3 dan H-1 sebelum laga. Selain itu, PSSI mewajibkan pemain dan ofisial tim untuk menggunaka­n masker. Terutama saat berada di tempat latihan.

’’Saya pikir itu (protokol kesehatan) bagus karena PSSI berpikir kesehatan adalah yang paling utama,’’ jelas pelatih kelahiran 2 Januari 1970 tersebut.

Bukan hanya Nil yang menyambut baik. Pemain Persela juga demikian.

Salah satunya adalah bek kanan Novan Sasongko. Pemain asli Bojonegoro itu cukup senang ada protokol kesehatan yang bakal diterapkan. Hal itu membuat pemain bisa mengetahui kondisi kesehatann­ya.

’’Insya Allah kami akan berusaha menjalanka­n protokol kesehatan yang ada,’’ jelas mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut. Taat protokol kesehatan dianggap penting. Sebab, dengan begitu, pemain bisa memutus mata rantai persebaran virus Covid-19 dalam lapangan.

Bahkan, Novan sudah menyiapkan beberapa cara untuk terhindar dari Covid-19. Di antaranya adalah selalu membawa hand sanitizer. ’’Kalau latihan juga bawa botol sendiri. Soalnya kemarin sebelum libur saya sudah sempat melakukan itu (bawa botol minum sendiri),’’ jelas Novan.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SEGERA BERKUMPUL LAGI: Para pemain Persela Lamongan saat berlatih menyongson­g Liga 1 musim 2020.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SEGERA BERKUMPUL LAGI: Para pemain Persela Lamongan saat berlatih menyongson­g Liga 1 musim 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia