Jawa Pos

Asep Dapat Tugas Promosi dan Jadi Kurir Kue Bolen

Latihan mandiri bukan satu-satunya aktivitas yang dijalani Asep Berlian saat kompetisi terhenti. Pemain Madura United ini juga mendapat ’’job’’ baru dari sang istri, Eka Yuliati. Ya, Asep kini banyak terlibat dalam aktivitas bisnis yang digeluti sang istr

- WAHYU ANDINIA SRIKA, Jawa Pos

ASEP Berlian sempat pusing saat kompetisi Liga 1 dihentikan pertengaha­n Maret lalu. Dia tak bisa lagi menjalani profesinya sebagai pemain bola profesiona­l. Dampak penghentia­n kompetisi, gaji yang dia terima dari Madura United juga tak lagi utuh.

Beruntung, sejak awal tahun, sang istri, Eka Yuliati, sudah menyiapkan ’’sekoci’’. Eka mulai menekuni bisnis usaha kue bolen sejak Januari lalu.

Memang, dia belum punya outlet resmi. Promosi usahanya juga hanya memanfaatk­an media sosial. Melalui Instagram @dapurmama.azka, pembeli bisa memesan bolen produksi Eka. Asep pun memanfaatk­an follower Instagram-nya yang lumayan banyak untuk membantu mempromosi­kan jualan sang istri.

’’Kebetulan istri kerja sama dengan temannya untuk usaha kue. Dan kebetulan saya kan lagi libur, jadi lebih sering di rumah,’’ kata Asep. ’’Akhirnya, saya bantu promosikan jualan istri, itung-itung buat mengisi kekosongan,” lanjut pemain berposisi gelandang bertahan tersebut.

Soal proses produksi, Asep memang tak banyak terlibat. Maklum, anak kedua dari empat bersaudara itu memang jarang bersentuha­n dengan dapur. Namun, soal rasa, Asep menjamin kue buatan istrinya tak kalah dengan outlet kue bolen kenamaan.

’’Iya, kue bolennya produksi istri saya sendiri. Tetapi dibantu juga sama temannya. Nggak hanya bolen sih. Ada bacitruk juga. Selain itu, kadang suka dapat orderan kue jenis lain,” papar Asep.

Asep tak hanya membantu promosi. Pemain bernomor punggung 4 tersebut juga mendapat tugas sebagai kurir. Untuk pesanan yang masih masuk area Bogor, Asep sendiri yang mengantark­an. Maklum, sang istri memang tengah hamil delapan bulan. Pastinya Asep tidak tega apabila Eka sendiri yang mengantar pesanan.

Asep tak keberatan sama sekali. Justru dia senang dengan tugas barunya. ’’Malah kadang saya yang minta sendiri ke istri untuk mengantar kue pesanan. Lumayan sambil jalan-jalan meski jaraknya juga tidak jauh,” ucap Asep sambil tertawa.

Menjadi pemain sepak bola Liga 1 dan sempat dipercaya membela timnas Indonesia, tak dimungkiri banyak customer yang akhirnya meminta foto bareng dengan Asep. Pemain asli Bogor itu dengan senang hati melayani ajakan foto bareng. Dengan cara tersebut, dia berharap customer kembali order kue bikinan istrinya.

’’Malah biasanya ada yang sengaja order dan minta saya yang mengantar pesanan. Ya begitulah, demi bantu istri dan mengisi waktu. Tetapi ya tidak semua yang request saya yang antar, pasti diterima,” ujarnya.

’’Karena kan saya juga tetap ada jadwal latihan. Kalau pas kebetulan saya tidak latihan, pasti saya siap antar,” tambah pemain 29 tahun tersebut.

Maklum, meski kompetisi libur, Asep tetap harus latihan rutin. Bagaimanap­un, sebagai pemain profesiona­l, Asep harus bisa menjaga kondisi tubuhnya.

Saat Asep tak bisa mengantar pesanan pun, Eka tak masalah.

Sebab, tugas tersebut sementara digantikan ojek online.

Di sisi lain, Asep paham betul tugas mengantar pesanan membuat dirinya harus berinterak­si dengan orang lain dan berpotensi terpapar Covid-19. Untuk itu, Asep tetap mematuhi protokol pencegahan persebaran Covid-19 saat mengantar pesanan. Dia selalu menggunaka­n masker. Selain itu, Asep tak lupa menggunaka­n hand sanitizer dan mencuci tangan setelah mengantar pesanan kue.

Biasanya ada yang sengaja order dan minta saya yang mengantar pesanan. Ya begitulah, demi bantu istri dan mengisi waktu. Tetapi, ya tidak semua yang request agar saya yang antar pasti diterima.’’

ASEP BERLIAN Gelandang Madura United

 ?? ASEP BERLIAN FOR JAWA POS ?? SIAP MELUNCUR: Asep Berlian menaiki vespa kesayangan­nya untuk mengantar kue bolen pesanan pelanggan.
ASEP BERLIAN FOR JAWA POS SIAP MELUNCUR: Asep Berlian menaiki vespa kesayangan­nya untuk mengantar kue bolen pesanan pelanggan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia