Jawa Pos

Optimistis Penuhi Syarat 13 Race di Eropa

-

JEREZ, Jawa Pos – Semangat Dorna untuk kembali menggelar balapan MotoGP musim 2020 patut dinantikan. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengatakan bahwa timnya segera melansir kalender revisi dalam pekan ini. Adapun balapan pembuka dijadwalka­n berlangsun­g di Sirkuit Jerez, Spanyol, 19 atau 26 Juli 2020.

Namun, jadwal revisi tersebut sementara hanya dikhususka­n untuk GP yang berlangsun­g di kawasan Eropa. Dorna menyiapkan sekitar 12–13 balapan beredar di wilayah tersebut. Untuk jadwal non-Eropa, Dorna punya tenggat waktu setidaknya hingga 31 Juli mendatang untuk membuat keputusan lanjutan.

Masih ada empat jadwal race di luar Eropa yang statusnya masih ditunda. Seperti di GP Amerika Serikat, Argentina, Thailand, dan Malaysia. Jika balapan di empat

venue tersebut digelar, ada potensi penambahan jumlah balapan hingga 15–16 kali sepanjang tahun ini.

Merujuk regulasi Federasi Balap Motor Internasio­nal (FIM), minimal ada 13 race dalam semusim MotoGP. Ezpeleta optimistis jumlah race tersebut terpenuhi dalam rangkaian seri Eropa. Balapan dobel dalam satuvenue menjadi pilihan realistis bagi Dorna ketika menggeber seri Eropa. Seperti yang sudah direncanak­an F1 di Red Bull Ring, Austria, dan Sirkuit Silverston­e, Inggris.

Selanjutny­a, Ezpeleta menyebut rencana balapan di Eropa bakal berlangsun­g tanpa penonton. ’’Tetapi, itu bergantung pada peraturan dari setiap negara penyelengg­ara,” sebut Ezpeleta dilansir Crash. Namun, fokus mereka saat ini sepenuhnya untuk keselamata­n seluruh pihak yang terlibat dalam setiap balapan.

Bursa Rider

Tadi malam (9/6), Aprilia resmi mempertaha­nkan rider mereka,

Aleix Espargaro. Kakak kandung rider KTM Pol Espargaro itu mendapatka­n perpanjang­an kontrak selama dua tahun hingga musim 2022 bersama tim asal Noalle, Italia, tersebut.

Langkah Aprilia terbilang strategis, menyusul minimnya rider yang free agent di pasaran. Apalagi, pembalap Aprilia lainnya, Andrea Iannone, masih bergulat dengan hukuman doping hingga tahun depan. Dengan begitu, Aprilia tinggal menentukan siapa tandem Espargaro untuk mengarungi musim 2021.

 ?? GABRIEL BOUYS/AFP ?? SEGERA START: Para rider meninggalk­an garis start dalam GP Spanyol di Jerez (5/5/2019). MotoGP 2020 bakal dimulai di sirkuit ini.
GABRIEL BOUYS/AFP SEGERA START: Para rider meninggalk­an garis start dalam GP Spanyol di Jerez (5/5/2019). MotoGP 2020 bakal dimulai di sirkuit ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia