Jawa Pos

Gandeng NU Siapkan New Normal

- –

JAKARTA, Jawa Pos Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengajak ormas Islam untuk ikut mempersiap­kan masyarakat menuju tatanan hidup normal baru (new normal). Setelah berdialog dengan Muhammadiy­ah pekan lalu (4/6), kemarin (9/6) orang nomor satu di institusi militer tanah air itu berdiskusi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Menurut Hadi, sebagai ormas Islam, NU mampu menjadi motor dalam penanggula­ngan Covid-19. Misalnya, mengedukas­i tentang bahaya virus korona baru melalui pesantren, masjid, dan majelis taklim. Begitu pula dengan langkah asosiasi rumah sakit NU, persatuan dokter NU, serta Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Covid-19.

Nah, menurut Hadi, peran NU juga diperlukan dalam menyongson­g new normal. ”Upaya itu (mempersiap­kan new normal, Red) tentunya juga membutuhka­n peran organisasi masyarakat seperti NU yang memiliki basis umat terbesar di Indonesia,” terang dia.

Mantan KSAU itu menyatakan, upaya TNI bersama Polri mendorong masyarakat tetap produktif dan tetap aman dari ancaman Covid-19 akan semakin maksimal bila dibantu ormas seperti NU. ”Tentunya akan menjadi kontribusi positif untuk mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19,” ujar Hadi.

Ketua Umum PB NU Said Aqil Siroj sebelumnya­mengimbaup­emerintahu­ntuk mengganden­gseluruhel­emenmasyar­akat dalam menanggula­ngi pandemi. ”Ketika menghadapi musuh bersama, kita harus bergandeng­antanganun­tukmenghad­api tantangan di depan mata kita. Jangan dianggap remeh, jangan dianggap kecil,” katanya. ”Ini tidak bisa teratasi hanya oleh satu pihak, harus rame-rame, ya p emerintah, ya masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat,” lanjut Said.

 ?? PUSPEN TNI FOR JAWA POS ?? SINERGI: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berdialog dengan pengurus PB NU soal penanggula­ngan Covid-19 melalui telekonfer­ensi video kemarin (9/6).
PUSPEN TNI FOR JAWA POS SINERGI: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berdialog dengan pengurus PB NU soal penanggula­ngan Covid-19 melalui telekonfer­ensi video kemarin (9/6).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia