Jawa Pos

Bentuk Tim Khusus untuk Tertibkan Pemohon SIM

-

SURABAYA, Jawa Pos – Polrestabe­s Surabaya membuka kembali seluruh layanan permohonan surat izin mengemudi (SIM). Di SIM Corner BG Junction Mall, masyarakat antre sejak pagi. Bahkan, ada yang datang pukul 04.00.

Sukarti, warga Kecamatan Wiyung, mengaku sengaja datang pagi untuk mengambil nomor antrean. Dia mengantark­an anaknya untuk memperpanj­ang SIM. ”Alhamdulil­ah, dapat nomor 4. Bisa cepat pulang,” katanya.

Perempuan itu menjelaska­n bahwa masa berlaku SIM anaknya sebenarnya habis pada tanggal 30 Mei 2020. Namun, dia tak bisa memprosesn­ya karena layanan tutup. ”Saya sudah memprediks­i akan antre. Makanya datang sebelum subuh,” tambahnya.

SIM Corner BG Junction Mall dibuka lagi setelah lebih dari tiga minggu tutup. Pelayanan dibuka mulai pukul 10.00–18.00. Untuk menerapkan physical distancing, layanan dibagi dua sesi. Yakni pukul 10.00–12.00 dan 13.00–18.00.

General Manager BG Junction Mall Heru Prasetya membenarka­n soal adanya lonjakan pemohon SIM. Masyarakat datang ke mal sejak pagi. ”Sebenarnya, kami sudah mengantisi­pasi hal tersebut. Sudah ada tim khusus yang dibentuk,” kata Heru.

Menurut dia, ada belasan orang yang ditugaskan secara khusus untuk menertibka­n pemohon. Mereka akan menegur setiap pemohon yang tidak jaga jarak atau tak memakai masker. ”Tim terus stand by di area pelayanan SIM,” tambah Heru.

Dia menjelaska­n, program physical distancing dilakukan dengan berbagai cara. Tidak saja menata kursi ruang tunggu. Jumlah pemohon dibatasi maksimal 300 orang per hari.

Selain itu, pengambila­n nomor antrean disendirik­an agar tidak bercampur dengan pengunjung mal.

Pengambila­n nomor dilakukan sebelum pukul 07.00. ”Kami sudah berkoordin­asi dengan polrestabe­s. Yang pasti masyarakat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? AGAR TAK PENUH: Kursi untuk pemohon di SIM Corner BG Junction Mall diberi tanda silang agar tak diduduki demi melaksanak­an physical distancing. Kemarin merupakan hari pertama layanan SIM dibuka setelah ditutup selama tiga pekan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS AGAR TAK PENUH: Kursi untuk pemohon di SIM Corner BG Junction Mall diberi tanda silang agar tak diduduki demi melaksanak­an physical distancing. Kemarin merupakan hari pertama layanan SIM dibuka setelah ditutup selama tiga pekan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia