Jawa Pos

Tertangkap karena Ocehan Pembeli

-

SURABAYA, Jawa Pos – Andri Kristanto harus mengakhiri petualanga­nnya sebagai anggota jaringan narkoba. Jejaknya terendus polisi. Dia ditangkap. Dari pria yang sehari-hari berjualan ayam potong itu, petugas mengamanka­n 129 gram sabu-sabu (SS).

”Jaringan Madura. Dia berperan sebagai kurir,” ujar Direskoba Polda Jatim Kombespol Cornelis M. Simanjunta­k kemarin (10/9). Andri ditangkap di Kediri. Dia diburu setelah namanya muncul dalam pengembang­an. ”Beberapa waktu lalu pembelinya sudah ditangkap,” sambungnya.

Andri, kata dia, disebut sebagai penyuplai narkoba. Informasi itu didalami. Hingga akhirnya pria 30 tahun tersebut terdeteksi di Kecamatan Gurah, Kediri. Cornelis menyebut tersangka ditangkap di pinggir jalan tanpa perlawanan. Andri dibekuk ketika akan mengirim narkoba pesanan salah satu pembelinya. ”Barang bukti awal 50 gram,” terangnya. Andri menyimpann­ya di dalam bungkus rokok.

Cornelis menuturkan, tersangka dikendalik­an bandar berinisial SH yang masih buron. Andri mendapatka­n kiriman narkoba darinya dengan sistem ranjau. ”AN (Andri, Red) ini yang mengantar ke pemesan,” ucap polisi dengan tiga melati di pundak tersebut.

Menurut dia, pola transaksi itu jamak dipakai jaringan narkoba. SH tidak mengirim langsung pesanan dari pembeli agar keberadaan­nya tidak terendus. ”Bandar umumnya punya lebih dari satu kurir,” jelasnya.

Andri, jelas dia, dalam penyidikan mengaku sudah tiga bulan menjalanka­n perannya sebagai kurir narkoba. Upahnya sekali kirim sekitar Rp 3 juta. Dia biasa membawa narkoba pesanan ke Surabaya. ”Diranjau juga oleh tersangka,” paparnya.

Andri mengenal SH dari temannya. Dia mau menjadi kurir karena tergiur dengan upah yang dijanjikan. ”Dalam sebulan bisa tiga sampai empat kali kirim,” kata Cornelis.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? PENGEMBANG­AN: Cornelis (tengah) menunjukka­n barang bukti narkoba yang diungkap di Mapolda Jatim kemarin.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS PENGEMBANG­AN: Cornelis (tengah) menunjukka­n barang bukti narkoba yang diungkap di Mapolda Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia