Jawa Pos

Hoax Video Ribuan Ikan Terdampar di Bali

-

RIBUAN ikan terdampar di sebuah pantai. Belasan orang tampak berlomba mengambil ikan-ikan yang sudah mati itu. Ada yang menggunaka­n bak plastik. Bahkan, ada juga yang membawa mobil pikap. Di media sosial, kabar berbasis video pendek itu diberi keterangan lokasi Pulau Bali.

”PANEN IKAN DI PANTAI BALI. Lo kenapa tuh ikannya di Bali pada mati ke pinggir pantai? @BNPB_Indonesia,” bunyi informasi yangdibagi­kan aun Facebook Fariman Whk pada 10 Juni 2020.

Pada akhir Mei lalu, di Bali memang ada kejadian terdamparn­ya ribuan ikan anyar kampih. Lokasinya di Pantai Kusamba. Namun, video yang dibagikan akun Fariman sama sekali tidak berkaitan dengan peristiwa itu. Apalagi saat mobil pikap milik penangkap ikan terlihat dalam video. Pelat nomornya tidak mencirikan kendaraan Indonesia.

Memanfaatk­an situs YouTube Data Viewer, video yang sama pernah diunggah kanal berita milik Tetova News pada 25 April 2020. Disebutkan, ikan-ikan itu terdampar di Laut Acapulco yang masuk wilayah Venezuela dan Meksiko.

Para nelayan di Pantai Aragua, Venezuela, serasa mendapat berkah. Mereka bisa mengumpulk­an 12 ton ikan cataco dan sarden tanpa harus berlayar ke tengah laut. ”Ini adalah berkah dari laut pada saat-saat kritis seperti ini,” kata Normalia Davila de Torrence, presiden Kamar Dagang Ocumare de la Costa.

Direktur Promotor dan Administra­tor Pantai di Acapulco Sabas Arturo de la Rosa Camacho menambahka­n, fenomena itu terjadi bukan karena berkurangn­ya oksigen dalam air laut. Melainkan merupakan bagian dari siklus hidup. Anda bisa membacanya di bit.ly/ BukanDiBal­i.

Sementara itu, penelusura­n menggunaka­n beberapa kata kunci mengarahka­n Jawa Pos pada sebuah berita di portal noticieros.televisa.com. Judulnya berbunyi, Video: Peces vivos salen del mar en playas de Acapulco. Berita yang terbit 25 April itu menyebutka­n, ikan makerel kuda yang terdampar hingga ke tepi pantai tersebut sedang mengejar ikan sarden.

Ketika terlalu dekat dengan garis pantai, dua jenis ikan itu terperangk­ap di pasir. Mereka bahkan terdampar hidup-hidup bersama ikan tenggiri di Pantai Pie de la Cuesta. Jaraknya sekitar 5 mil dari barat laut Pantai Acapulco. Anda dapat membacanya di bit.ly/DiMeksiko.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia