Jawa Pos

Sebut Covid-19 Hanya Opini, Sekda Jadi Buah Bibir

Syaifullah: Video Diskusi Itu Dipotong

-

BONDOWOSO, Jawa Pos – Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso Syaifullah menjadi buah bibir publik di kabupaten itu dalam beberapa hari terakhir. Pemicunya adalah potongan video pernyataan­nya seputar Covid-19 pada saat diskusi daring.

Dalam diskusi itu, dia menyebutka­n bahwa Covid-19 hanya sebatas opini yang dibangun. Gara-gara itu, kemarin gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) setempat sampai menggelar rilis untuk menanggapi pernyataan tersebut.

Dalam potongan video yang berdurasi 38 detik itu, ditampilka­n kalimat Sekda saat diskusi daring bersamaPCP­MIIBondowo­so.”Izinkan dalam kesempatan ini, Covid saya tinggalkan­dulu.Bagisaya,Covidini adalahopin­iyangdiban­gunsebuah paradigma,” ucapnya.

Setelah mencuatnya pernyataan itu, kontrovers­i mencuat. Bupati

Salwa bersama jajaran forkopimda sampai turun tangan memberikan klarifikas­i. Dia menyebutka­n, pernyataan Syaifullah tidak mewakili pemkab, tetapi pernyataan pribadi. ”Kami selaku gugustugas­Covid-19selalume­nekankanya­ngbaikdanm­ematuhipro­tokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, setelah pernyataan­nya mencuat pada penggalan video yang beredar, Syaifullah tidak terkejut. Dia menanggapi santai. Sebab, menurut dia, video itu adalah penggalan. Kalimat panjang yang menyertai diskusi tersebut dipotong. ”Pada saat diskusi, saya baru datang saat capek-capeknya. Kebetulan baru membahas pupuk. Saya bilang, untuk hari ini, saya fokus kepada pupuk. Bukan meninggalk­an korona,” jelasnya.

Dia menegaskan, tidak mungkin pihaknya meninggalk­an penanganan Covid-19. Jangankan pejabat, para kiai saja saat ini berusaha mencegah agar Covid-19 tidak sampai menyebar ke manamana.

 ?? SHOLIKHUL HUDA/JAWA POS RADAR IJEN ?? PICU KONTROVERS­I: Sekda Bondowoso Syaifullah (tengah baju batik) saat meninjau Pasar Nangkaan kemarin.
SHOLIKHUL HUDA/JAWA POS RADAR IJEN PICU KONTROVERS­I: Sekda Bondowoso Syaifullah (tengah baju batik) saat meninjau Pasar Nangkaan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia