Jawa Pos

Sudah Dua Bulan Jadi Vegetarian

-

GAVIN Kwan Adsit harus mengubah pola makan saat kompetisi terhenti. Kini pemain 24 tahun itu mulai menjadi vegetarian. Dia hanya mengonsums­i makanan olahan dari sayur-sayuran.

Hal itu dilakukan hampir dua bulan terakhir. Lantas, apa yang membuat Gavin berubah menjadi vegetarian? ’’Karena dengan jadi vegetarian, kondisi tubuh atlet akan jauh lebih baik,’’ kata mantan pemain Barito Putera tersebut. ’’Aliran darah jadi lebih baik, jadi bisa berpikir dengan bagus,’’ tambah dia.

Meski baru sebentar menjadi vegetarian, Gavin tak mengalami kesulitan. Dia tak lagi tergoda dengan makanan hewani. Karena itu, beberapa kali dia mulai belajar memasak sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaik­an makanan apa yang bakal disantap.

’’Saya mulai belajar resep-resep baru,’’ kata pemain kelahiran 5 April 1996 tersebut. Untung, jeda kompetisi membuat Gavin memiliki banyak waktu luang. ’’Makanya, saya pikir ini waktu yang pas untuk belajar memasak,’’ imbuhnya. Dengan mengonsums­i masakan sendiri, Gavin bisa mengontrol kondisi tubuhnya. Termasuk menjaga berat badan selama libur.

Gavin tidak ingin berat badannya bertambah selama tak ada kompetisi. ’’Saya juga ingin kondisi saya tetap fit,’’ jelasnya. Karena itu, selain memutuskan menjadi vegetarian, Gavin tetap rajin berlatih. Ada beberapa rutinitas yang terus dijalani. ’’Kalau pagi, kadang sering yoga dan nge-gym selama satu jam,’’ katanya.

Latihan itu saja dinilai tidak cukup. Sorenya Gavin mulai berlatih di Lapangan Trisakti, Legian, Kabupaten Badung. ’’Karena kalau hanya latihan fisik, masih kurang. Saya harus berlatih di lapangan menggunaka­n bola juga,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia