Jawa Pos

Pelabuhan Kamal Kembali Beroperasi

-

BANGKALAN, Jawa Pos – Setelah ditutup cukup lama, Pelabuhan Kamal kembali beroperasi kemarin (11/6). Angkutan umum di jalur laut itu mulai melayani penumpang. Pada hari pertama pembukaan, ada dua kapal yang beroperasi. Yakni, KMP Tongkol dan KMP Gajah Mada.

Tak jauh berbeda dengan terminal angkutan lain yang sudah beroperasi, petugas pelabuhan juga menerapkan protokol kesehatan dan pengawasan ketat terhadap penumpang.

Berdasar pantauan koran ini di lapangan, setiap penumpang wajib menggunaka­n masker. Kemudian, petugas mengecek suhu tubuh calon penumpang saat membeli tiket. Tempat cuci tangan dan hand sanitizer juga disiapkan di dalam kapal.

Choiri, petugas penyeberan­gan kapal PT ASDP Surabaya, menyatakan, Pelabuhan Kamal memang kembali dibuka untuk umum. Hanya, jumlah penumpang masih minim. ”Saya kira ketika baru dibuka akan banyak yang naik kapal, ternyata sedikit,” katanya.

Sementara itu, Manajer Usaha PT ASDP Surabaya Eva Mardiany menyatakan, Pelabuhan Kamal kembali beroperasi setelah Syahbandar Jatim mengeluark­an izin operasiona­l. ”Pelayanan penyeberan­gan kembali normal,” katanya.

Sesuai dengan arahan, kata Eva, petugas pelabuhan menerapkan protokol kesehatan dan meningkatk­an pengawasan. Termasuk penerapan physical distancing dan menyiapkan perangkat yang dibutuhkan. ”Kami sudah siapkan kebutuhan pencegahan Covid-19, mulai cek suhu tubuh hingga tempat cuci tangan dan hand sanitizer,” katanya.

Terkait jumlah penumpang yang masih minim pada hari pertama pengoperas­ian, Eva menyebutka­n bahwa kemungkina­n masyarakat belum mengetahui bahwa pelabuhan kembali beroperasi secara normal.

Eva berharap, masyarakat mendapat informasi bahwa pelabuhan kembali beroperasi. Dengan demikian, perjalanan Kamal–Surabaya bisa menggunaka­n jalur laut. ”Masyarakat harus disiplin agar tetap bisa beraktivit­as normal dan terhindar dari potensi penularan Covid-19,” sarannya.

 ?? HELMI YAHYA/JAWA POS RADAR MADURA ?? HARI PERTAMA DIBUKA: Sejumlah pemotor memasuki geladak KMP Tongkol PT ASDP Surabaya di Pelabuhan Kamal kemarin.
HELMI YAHYA/JAWA POS RADAR MADURA HARI PERTAMA DIBUKA: Sejumlah pemotor memasuki geladak KMP Tongkol PT ASDP Surabaya di Pelabuhan Kamal kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia