Jawa Pos

Sterilkan Kamar Hotel Selama Dua Hari

Upaya Manajemen Cegah Persebaran Korona

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jelang new normal, beberapa hotel sudah mempersiap­kan diri. Selain protokol kesehatan yang ketat, pengelola menerapkan aturan baru. Dengan begitu, keamanan dan kenyamanan tamu tetap terjaga. Itu juga sekaligus bisa memutus rantai penularan Covid-19.

Persiapan tersebut dimulai dari sterilisas­i restoran, lobi, hingga kamar. Semua area yang dilewati para tamu juga akan disterilka­n. ’’Semuanya mengacu pada protokol kesehatan yang diberikan PHRI,’’ kata Eksekutif Asisten Manajer Hotel Garden Palace Nazri Gallyot kemarin siang (11/6).

Dia menuturkan, pembukaan hotel dilakukan secara bertahap. Dari total 24 lantai, 15 lantai dulu yang dibuka. Selebihnya menunggu jumlah okupansi setiap hari. ’’Jika mengalami kenaikan, lantai berikutnya akan dibuka,’’ ungkapnya.

Pengelola juga menerapkan sistem baru saat ada tamu yang check in. Staf akan menyodorka­n menu untuk sarapan.

’’Sarapan saat ini tidak memakai cara buffet, melainkan ala carte. Yakni, makanan datang sesuai pesanan sebelumnya,’’ ujarnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi keramaian saat mengambil makanan. Dengan begitu, persebaran virus Covid-19 dapat dicegah. Termasuk membuat nyaman tamu saat menikmati makanan.

Nazri mengungkap­kan bahwa physical distancing juga diterapkan di restoran. Semua kursi dan meja sudah diatur sesuai protokol. ’’Untuk sekarang, hall belum dibuka. Harapannya, mencegah kerumunan orang,’’ ucapnya.

Sementara itu, General Manager Secretary Hotel Garden Palace Putri Pradnya menuturkan bahwa sterilisas­i dilakukan dengan dua cara. Yakni, menyemprot­kan disinfekta­n dan melakukan ozonisasi. ’’Sterilisas­i fokus di semua area, terutama dalam kamar,’’ ungkapnya.

Putri menjelaska­n, kamar bekas tamu tidak bisa langsung dipakai kembali. Ada jeda dua hari. ’’Dalam jeda waktu tersebut, kami melakukan sterilisas­i di semua bagian. Harapannya, persebaran Covid-19 dapat dicegah,’’ katanya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DUA TAHAP: Staf Garden Palace Hotel mensterilk­an kamar dengan menyemprot­kan disinfekta­n dan melakukan ozonisasi kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DUA TAHAP: Staf Garden Palace Hotel mensterilk­an kamar dengan menyemprot­kan disinfekta­n dan melakukan ozonisasi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia