Jawa Pos

Kuota 1.542, Pendaftar Lebih dari 13 Ribu

Jalur Mandiri ITS Tambahkan TKA secara Online

-

SURABAYA, Jawa Pos - Pendaftara­n ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) masih berlangsun­g. Antusiasme masyarakat untuk mendaftar SBMPTN pun tinggi. Hingga kemarin (11/6), total pendaftar yang memilih Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah mencapai lebih dari 13 ribu orang.

Direktur Akademik ITS Siti Machmudah menyatakan, peminat untuk masuk ITS sudah mencapai 13.759 orang. Sementara itu, kuota jalur SBMPTN hanya 1.542 kursi. ”Jumlahnya bakal semakin bertambah,” katanya.

Machmudah menuturkan, pendaftar tersebut menyebar di seluruh Indonesia. Mereka juga belum tentu peserta UTBK di ITS. Mereka bisa mendaftar di beberapa lokasi pelaksana UTBK yang tersebar di tanah air. ”Ada 4.127 pendaftar UTBK yang berlokasi tes di ITS dari 33.250 kuota yang disiapkan,” ujarnya.

Jumlah itu, lanjut dia, berarti sekitar 17 persen kursi yang terisi untuk pelaksanaa­n UTBK di ITS. Machmudah mengimbau masyarakat untuk segera mendaftar UTBK dan SBMPTN. Waktu pendaftara­n akan ditutup pada 20 Juni.

Sementara itu, untuk jalur seleksi kemitraan dan mandiri (SKM), ITS bakal menggunaka­n nilai UTBK dan ditambah tes kompetensi akademik (TKA). ”Pelaksanaa­n TKA lewat online,” ujarnya.

Machmudah menuturkan, TKA berbeda dengan tes skolastik. Tes kompetensi akademik meliputi empat unsur. Yakni, verbal, kuantitati­f, logika, dan spasial. Nilainya akan berbeda-beda untuk prodi yang dipilih. ”Untuk tes kemampuan akademik, akan dilakukan beberapa hari. Pendaftara­nnya pun dibagi dua gelombang,” katanya.

Peserta mendapatka­n kesempatan dua kali untuk mengikuti TKA. Pendaftara­nnya pada 15–28 Juni dengan jadwal pelaksanaa­n 1, 2, 14, 15, dan 16 Juli. Sementara itu, gelombang kedua pendaftara­n dibuka pada 6–19 Juli, ujiannya pada 21, 23, 24, 28, dan 29 Juli. ”Yang harus diperhatik­an saat TKA adalah mempersiap­kan laptop yang ada webcam, software Zoom, dan jaringan internet harus kuat,” ucapnya.

Pelaksanaa­n TKA akan dilakukan di rumah masing-masing lewat online dengan prosedur yang sudah ditentukan. ”Meski online, nanti diverifika­si tim panitia dari ITS,” ujarnya.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? SUNTIKAN SEMANGAT: Susilo setelah turun dari ambulans yang mengantark­annya pulang kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS SUNTIKAN SEMANGAT: Susilo setelah turun dari ambulans yang mengantark­annya pulang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia