Jawa Pos

Nikmati Alam Papua, Menyesal Tak Bisa Ajak Istri

Pemain asal Jepang Takuya Matsunaga bertahan di Jayapura selama pandemi Covid-19. Dia tidak pulang ke negaranya seperti yang dilakukan sejumlah pemain asing lainnya. Gelandang Persipura itu makin jatuh cinta dengan keindahan alam Papua.

- WAHYU ANDINIA SRIKA, Jawa Pos

BEGITU Liga 1 dihentikan karena pandemi Covid-19, banyak pemain asing yang memilih pulang kampung ke negara mereka masing-masing. Takuya Matsunaga juga sempat terpikir untuk mengambil opsi tersebut. Namun, niat itu dia batalkan. Dia merasa lebih aman tetap berada di Papua. Sebab, angka persebaran virus SAR-CoV-2 di sana tidak sebesar di kota-kota besar di Jawa.

Meski begitu, Matsunaga tetap memperhati­kan protokol kesehatan pencegahan virus korona. ”Saya tetap menerapkan hidup sehat. Termasuk saat traveling. Saya tetap jaga kebersihan dan tidak banyak berkumpul dengan orang. Hanya yang saya kenal,” kata Matsunaga.

Selama bertahan di Papua, Matsunaga memang menyibukka­n diri dengan menjelajah tempat-tempat eksotis di Papua maupun Papua Barat. Setidaknya sepekan sekali dia mengunjung­i tempat baru.

Berbagai tempat sudah pernah Matsunaga kunjungi. Mulai Sentani, Wamena, Abepura, Kota Raja, hingga Base G. Pantai menjadi tempat yang paling difavoritk­an mantan pemain Kalteng Putra tersebut. Bagi dia, semua pantai di Papua sangat indah. Ditambah suasana pantai yang tak terlalu ramai.

”Aku bahkan tidak bisa memilih satu pantai untuk menjadi favoritku. Karena semua punya keindahan masing-masing. Terutama Biak, sangat luar biasa. Saya suka berenang dan berjemur di sana,” kata pemain 30 tahun itu.

Meski sudah sering menjelajah Papua, Matsunaga belum merasa puas. Ada satu tempat yang masuk daftar dan belum sempat dia datangi. Tempat itu adalah Raja Ampat. Sudah lama Matsunaga terpesona dengan keindahan Raja Ampat. Hanya, masih belum ada kesempatan untuk ke sana.

”Keindahan tempat itu sudah sangat terkenal. Aku juga melihat fotonya dari media sosial. Aku akan senang jika suatu saat bisa menyempatk­an pergi ke sana,” ucap Matsunaga.

Meski menikmati keindahan alam Papua, Matsunaga merasa ada sedikit yang kurang. Dia tak bisa mengajak istrinya menikmati keindahan Papua. Pandemi Covid-19 memang membuat Matsunaga sementara harus tinggal terpisah dengan sang istri. Dia tak bisa pulang, sang istri pun tak bisa datang ke Indonesia. ”Kalau situasi sudah normal, mungkin istri saya akan datang ke Indonesia. Dan mungkin saya juga bisa mengajak dia bertualang di Papua,” ucap Matsunaga.

Jauh dari sang istri tidak berarti

Aku bahkan tidak bisa memilih satu pantai untuk menjadi favoritku. Karena semua punya keindahan masing-masing. Terutama Biak, sangat luar biasa. Saya suka berenang dan berjemur di sana.’’

TAKUYA MATSUNAGA Gelandang Persipura

 ?? TAKUYA MATSUNAGA FOR JAWA POS ?? BETAH: Pemain asing Persipura asal Jepang Takuya Matsunaga jatuh cinta pada keindahan alam Papua.
TAKUYA MATSUNAGA FOR JAWA POS BETAH: Pemain asing Persipura asal Jepang Takuya Matsunaga jatuh cinta pada keindahan alam Papua.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia