Jawa Pos

Makin Lancar Berbahasa Indonesia

-

LIGA 1 2020 menjadi musim kedua bagi Takuya Matsunaga. Pemain asal Jepang tersebut kali pertama datang ke Indonesia pada 2019 dan membela Kalteng Putra. Meski pernah punya pengalaman pahit akibat gajinya yang sempat tak dibayar Kalteng Putra, Matsunaga tak kapok berkarir di Indonesia.

Musim 2020 pun dia putuskan untuk berseragam merah hitam, Persipura Jayapura. Pengalaman pahit dengan mantan klub tak terlalu dia pikirkan. Pemain berusia 30 tahun itu telanjur nyaman dengan atmosfer pertanding­an sepak bola di Indonesia. Malah dia berharap karirnya bisa panjang di Indonesia.

Untuk itu, Matsunaga belajar budaya Indonesia. Salah satunya adalah mengambil kursus bahasa Indonesia. Sejak kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19, Matsunaga memutuskan untuk memulai kursus bahasa Indonesia.

”Karena saya ingin bisa lancar berkomunik­asi dengan pemain lokal. Itu akan membantu karir saya. Saat ini saya masih dalam proses kursus. Jadwalnya memang tidak setiap hari. Tetapi, saat di kamar saya selalu mengasah kemampuan bahasa Indonesia saya sendiri,” kata Matsunaga.

Matsunaga dibantu seorang rekan yang ditemui di Papua. Dengan senang hati sang kawan menawarkan kursus kepadanya. Matsunaga yang memang ingin belajar tak perlu berpikir panjang untuk menerima tawaran itu. Bukan hanya bahasa Indonesia, sedikitsed­ikit Matsunaga juga belajar bahasa Papua.

”Ya, hari demi hari kemampuan bahasa Indonesia saya makin bagus. Saya yakin dengan giat belajar dan giat berlatih, saya akan segera lancar berbahasa Indonesia,” ucap Matsunaga.

Matsunaga sudah sangat merindukan lapangan hijau. Dia berharap PSSI segera memutuskan untuk melanjutka­n kompetisi. Dia sudah tak sabar kembali berlatih dengan Boaz Solosa dkk.

”Saya rasa semua pasti rindu dengan sepak bola. Saya juga rindu dengan temanteman di Persipura. Saya sangat senang bergabung dengan mereka. Pemain Persipura itu pemain yang pintar dan cepat,” kata Matsunaga.

 ?? ANGGER BONDAN /JAWA POS ?? MOBILITAS TINGGI: Takuya Matsunaga berebut bola dengan Makan Konate.
ANGGER BONDAN /JAWA POS MOBILITAS TINGGI: Takuya Matsunaga berebut bola dengan Makan Konate.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia