Jawa Pos

Ada Event, Latihan Lebih Intens

-

JAKARTA, Jawa Pos – Dayung menjadi salah satu cabor yang tetap latihan saat pandemi korona menyebar di seluruh tanah air. Olahraga air itu menjalani pelatnas di kawasan waduk Jatiluhur, Purwakarta, sejak Januari. PB PODSI memastikan mereka menjalanka­n protokol kesehatan untuk menghindar­i penularan virus korona baru.

Saat ini ada 16 atlet dayung yang tergabung dalam pelatnas. Mereka terdiri atas delapan atlet rowing dan delapan atlet kano. PB PODSI berharap bisa meloloskan empat nomor dari dua kategori itu untuk ke Olimpiade Tokyo 2020. Wakil Ketua PB PODSI Budiman Setiawan menyatakan, pihaknya sudah memiliki perkiraan jadwal kejuaraan yang akan diikuti.

Salah satu event yang ingin diikuti adalah Asian Beach Games (ABG) 2020 yang bakal berlangsun­g di Sanya, Tiongkok, November mendatang. Juga ada beberapa kejuaraan kualifikas­i olimpiade yang sempat tertunda di Thailand dan

Korea Selatan tahun depan.

Muhammad Hadris, pelatih rowing Indonesia, menyatakan bahwa dalam beberapa pekan terakhir latihan masih sebatas untuk menjaga kondisi fisik. Namun, dengan target kejuaraan yang sudah jelas, mereka bisa meningkatk­an intensitas latihan. ’’Kini kami sudah berlatih normal lagi. Atlet harus meningkatk­an kemampuan fisik step-bystep,’’ ungkap Hadris.

Saat ini tim rowing Indonesia masih diliputi kepercayaa­n diri tinggi setelah memberikan kejutan di SEA Games di Filipina 2019. Pada ajang multievent terbesar se-Asia Tenggara itu, dayung sukses mengoleksi 10 medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Hasil tersebut jauh melebihi target lima emas yang dicanangka­n.

Hadris optimistis pihaknya bisa mengulang pencapaian di Olimpiade Rio 2016. Saat itu mereka meloloskan dua nomor. Bahkan, Memo yang terjun di nomor single sculls berhasil menembus final.

Soal peluang, Hadris bilang sangat terbuka. Meski berat. Dalam kualifikas­i Asia, ada negara-negara kuat seperti Tiongkok, Korea, Jepang, India, dan Uzbekistan­yangharusd­ikalahkan.’Untuk single sculls, harus masuk the best five di partai final kualifikas­i. Dan untuk double sculls,harusmasuk­tigabesard­ifinal,baru

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PUNYA KANS: Atlet kano Indonesia Anwar Tarra (kanan) dan Yuda Firmansyah saat merebut emas nomor C2 1.000 meter SEA Games Filipina di Subic (6/12/2019). PB PODSI pasang target meloloskan atlet ke empat nomor di Olimpiade 2020.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PUNYA KANS: Atlet kano Indonesia Anwar Tarra (kanan) dan Yuda Firmansyah saat merebut emas nomor C2 1.000 meter SEA Games Filipina di Subic (6/12/2019). PB PODSI pasang target meloloskan atlet ke empat nomor di Olimpiade 2020.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia