Jawa Pos

Praktik Dokter Maksimalka­n Teknologi Informasi

-

SURABAYA, Jawa Pos − Bila sakit, warga biasanya memilih mendatangi tempat praktik dokter untuk berobat. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur menggarisk­an bahwa dokter dan tenaga kesehatan wajib mengenakan alat pelindung diri lengkap dan memanfaatk­an teknologi informasi untuk mengurangi kontak dengan pasien.

Semua langkah tersebut diambil untuk saling melindungi dari terpaparny­avirusCovi­d-19.”Kuncinya saling disiplin,” kata Ketua Ikatan

Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur dr Sutrisno kemarin (13/6).

Ada beberapa poin penting new normal di tempat praktik dokter. Salah satunya kewajiban memakai APD. Mulai baju hazmat, masker, sarung tangan, hingga face shield atau pelindung wajah

Menurut Sutrisno, penggunaan APD juga wajib bagi pasien. Dengan kata lain, warga yang datang berobat minimal harus menggunaka­n masker. Di samping itu, dilarang bergerombo­l. Wajib jaga jarak. Cuci tangan dan menerapkan perilaku hidup sehat.

Nah, untuk meminimalk­an penularan, dokter praktik dan tenaga kesehatan wajib menegur apabila ada yang berani melanggar protokol. Langkah lainnya adalah menggunaka­n fasilitas teknologi informasi (TI). Misalnya, memanfaatk­an WhatsApp. Bantuan teknologi itu diharapkan menekan antrean warga yang hendak berobat.

Jadi,kataSutris­no,doktermaup­un pemilikkli­nikharusme­ngembangka­n pelayananb­erdasarTI.Tujuannya, mempermuda­hmasyaraka­tsekaligus mencegah pelanggara­n physical distancing. ”Nanti tak perlu lagi pengambila­nnomorantr­eansecara manual,” ucapnya.

Cara dan metodenya seperti apa? Itu nanti diserahkan kepada setiap dokter atau pemilik klinik. Bisa juga untuk faskes yang besar, nanti dibuatkan semacam web. Yang jelas, teknologi informasi tidak bisa dipisahkan dari penerapan new normal.

Perlindung­an terhadap pasien di area klinik juga harus diberikan. Salah satunya, pengelola wajib menyiapkan beberapa fasilitas. Misalnya, tempat cuci tangan, hand sanitizer, serta membatasi pasien yang berobat. Dengan demikian, tidak ada yang berjubel di ruang tunggu.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia