Jawa Pos

RS Darurat Bisa Dipakai Pekan Depan

-

LAMONGAN, Jawa Pos ‒ Rumah sakit (RS) darurat Covid19 Lamongan segera difungsika­n. Kemarin (13/6) sejumlah sarana dan prasarana dipindahka­n dari RSUD dr Soegiri ke bangunan di Jalan Kusuma Bangsa tersebut.

Setelah itu, sebagian besar bangunan disemprot disinfekta­n. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan Taufik Hidayat menjelaska­n, disinfeksi hanya dilakukan sekali. Setelah RS difungsika­n, baru menyesuaik­an kebutuhan. ’’Jadwal disinfeksi agak mundur beberapa jam dari sebelumnya karena harus dicek dulu keamanan alatnya,’’ jelasnya.

Menurut Taufik, disinfekta­n yang digunakan adalah cair dan asap. Sebab, seluruh peralatan medis harus dipastikan aman. Selain itu, disinfeksi tersebut harus steril dari pekerja. Jika tidak ada halangan, serah terima dilangsung­kan minggu depan dari Kementeria­n PUPR secara virtual. RS darurat Covid-19 didesain untuk penyakit menular khusus. Karena itu, akses ke dalamnya juga agak diperketat. ’’Karena kita sudah dipercaya pusat sehingga harus menjaga dan mematuhi aturan yang diterapkan,’’ tegasnya.

Direktur RSUD Soegiri Lamongan dokter Chaidir Annas menga_ takan, pengisian alat dijadwalka­n tuntas tadi malam. Kemarin peralatan yang sudah masuk, antara lain, ranjang, alat lab, alat rontgen, alat pemeriksaa­n rutin pasien, dan mebel kantor.

Sementara itu, ventilator dan alat medis khusus akan disiapkan setelah ada pasien.

Annas menjelaska­n, kebutuhan bed nanti ada 80 unit. ’’Kami sambil menunggu bantuan pusat datang memanfaatk­an dari pengadaan RSUD yang belum digunakan,’’ tambahnya. Setelah dilakukan serah terima, Annas memastikan pelayanan pindah ke RS darurat semua. Untuk sementara, alat di rumah sakit yang bisa digunakan dimanfaatk­an.

 ?? ANJAR DWI P/JAWA POS RADAR LAMONGAN ?? PENGASAPAN DULU: Petugas mensterilk­an bangunan RS darurat Covid-19 di Lamongan. Rencananya, RS tersebut bisa diresmikan minggu depan.
ANJAR DWI P/JAWA POS RADAR LAMONGAN PENGASAPAN DULU: Petugas mensterilk­an bangunan RS darurat Covid-19 di Lamongan. Rencananya, RS tersebut bisa diresmikan minggu depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia