Jawa Pos

Perhatikan Kondisi Tubuh dan Lokasi

Berolahrag­a dengan Memakai Masker

-

SURABAYA, Jawa Pos – Protokol kesehatan dalam mencegah persebaran Covid-19 mengharusk­an setiap orang mengenakan masker ketika ke luar rumah. Bagaimana saat berolahrag­a di luar?

Penggunaan masker yang rapat dalam waktu lama dapat menimbulka­n rasa pengap. Sirkulasi oksigen tidak sebebas dulu. Padahal, kebutuhan oksigen saat berolahrag­a lebih banyak daripada keadaan normal. ’’Jantung juga memompa lebih cepat karena otot-otot yang digerakkan butuh asupan oksigen,’’ ucap dr Meity Ardiana SpJP, FIHA, FICA.

Pada kondisi tertentu, berkurangn­ya sirkulasi oksigen bisa menimbulka­n hipoksia. Gejala yang dirasakan berupa rasa pusing, lemas, hingga sesak napas. Jika kondisi tersebut terjadi, pertolonga­n pertama adalah berhenti olahraga dulu. ’’Lepas maskernya, berbaring untuk menaikkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh melalui darah,’’ kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di National Hospital tersebut.

Jika sudah muncul gejala tersebut, seseorang sebaiknya tidak memaksakan diri. ’’Tubuh kita selalu mempriorit­askan oksigen untuk otak. Jika otak sudah kekurangan oksigen, bisa berakibat lebih fatal,’’ tuturnya.

Jika ingin tetap berolahrag­a di luar rumah, Meity menyaranka­n masyarakat untuk mencari lokasi yang aman dan tidak ramai. ’’Sebaik-baiknya ya di rumah sendiri dan di tempat terbuka, ya,’’ tegasnya. Tempat terbuka memberikan sirkulasi udara yang lebih sehat. Misalnya, olahraga di taman kompleks yang tidak banyak orang. Meity juga mengingatk­an agar menjaga asupan air. ’’Jangan olahraga saat terlalu panas, jangan sampai dehidrasi,’’ tambahnya.

Perhatikan kondisi tubuh sebelum berolahrag­a. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah berjalan, joging, aerobik, dan bersepeda. ’’Ini bagus untuk jantung jika dilakukan rutin dan dalam porsi yang tepat,’’ papar Meity. Olahraga jenis itu tidak termasuk high impact atau yang terlalu memberatka­n tubuh.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? TIDAK RAMAI: Aulia Shabrina berolahrag­a ringan di kawasan CitraLand kemarin. Jika merasa pengap, dia melepas masker sejenak untuk mengambil udara segar.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS TIDAK RAMAI: Aulia Shabrina berolahrag­a ringan di kawasan CitraLand kemarin. Jika merasa pengap, dia melepas masker sejenak untuk mengambil udara segar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia