Jawa Pos

Berenang, Terseret Ombak hingga Tenggelam

Bocah 10 Tahun Tewas di Pantai Watu-Watu, Bulak

-

SURABAYA, Jawa Pos − Warga sekitar pesisir Bulak dikejutkan dengan penemuan sesosok mayat yang mengambang di Pantai Watu-Watu kemarin. Jenazah ditemukan petugas Pos Pemadam Kebakaran (PMK) Kecamatan Bulak. Lokasinya tidak jauh dari pesisir.

”Kemudian, mereka melapor ke Command Center 112 untuk ditindakla­njuti,” ungkap Camat Bulak Budi Hermanto. Tak berselang lama,

Tim Orong-Orong Dinas PMK Surabaya bersama polsek dan pihak kecamatan mengevakua­si korban. Budi menuturkan, korban merupakan warga Bulak Cumpat Kulon Baru Gang 1. Namanya Dika yang baru berusia 10 tahun.

Kejadian tersebut berlangsun­g pukul 14.20. Saat itu, Dika bersama empat temannya berenang di pantai. Keempat temannya pulang duluan. Nah, korban tetap asyik berenang. Dika mungkin terseret ombak hingga tenggelam di radius 15 meter dari bibir pantai. Dika tidak sadarkan diri. Petugas PMK yang berjaga di Pos Kecamatan Bulak menolongny­a. ”Dia langsung menepikan Dika ke pantai dan coba menolong dengan memompa jantung korban,” tambah staf Kasi Trantibban­g Kelurahan Bulak Syah Amirul.

Saat dipompa, mulut Dika mengeluark­an air. Petugas terus berusaha menyelamat­kan nyawa bocah itu, tetapi tidak berhasil. Korban akhirnya dinyatakan meninggal dan langsung dibawa ke RSUD dr Soetomo untuk menjalani pemeriksaa­n lebih lanjut. Amirul mengatakan, keluarga korban sudah mengetahui hal itu dan shock mendengar kabar meninggaln­ya Dika. Korban sempat berpamitan untuk berenang. Mereka tidak menduga bahwa itu menjadi hari terakhir Dika bertegur sapa dengan keluarga.

Amirul mengatakan, peristiwa tenggelamn­ya korban di pantai itu memberikan peringatan kepada semua orang, khususnya orang tua, untuk mengawasi pergerakan anak saat bermain di pantai. Apalagi saat ini situasi pantai di perairan utara dan timur Surabaya tak bisa diprediksi. ”Korban berenang tak diawasi dan nekat berada di radius 15 meter yang cukup dalam,” ungkapnya.

Berdasar pengamatan, banyak anak yang memanfaatk­an waktu libur untuk berenang di pantai secara berkelompo­k. Antara lain, di area Taman Suroboyo hingga Pantai Kenjeran di utara. Mereka biasanya berenang cukup jauh dari bibir pantai.

 ?? FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS ?? TIDAK TERSELAMAT­KAN: Petugas PMK mengevakua­si Dika dari bibir Pantai Watu-Watu, Bulak, kemarin.
FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS TIDAK TERSELAMAT­KAN: Petugas PMK mengevakua­si Dika dari bibir Pantai Watu-Watu, Bulak, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia