Jawa Pos

PATUNG-PATUNG KORBAN AKSI

-

LEOPOLD II,

ANTWERP, BELGIA

Patung Raja Belgia Leopold II diturunkan Selasa (9/6). Sebelumnya, patung tersebut sudah dicoret-coret dengan cat merah. Dia dikenal akan kebrutalan­nya pada wilayah kolonial Belgia di Afrika bagian tengah.

CHRISTOPHE­R COLUMBUS, BOSTON, AS

Patungnya di Taman Christophe­r Columbus, Boston, dipenggal Selasa (9/6). Di Miami patungnya dicoret tinta merah, sedangkan di Richmond patung Columbus dibuang ke danau. Banyak yang menganggap­nya sebagai pemicu genosida terhadap suku-suku asli di Amerika.

MASSA ingin perubahan. Mereka yang menjadi simbol ketidakset­araan antara kulit putih dan kulit hitam harus dimusnahka­n. Meski itu bentuknya hanya patung. Berikut di antaranya.

EDWARD COLSTON, BRISTOL, INGGRIS Patung perunggu pedagang budak di abad ke-17 itu dirobohkan dan dibuang ke pelabuhan sekitar. Colston menjual sekitar 100 ribu orang Afrika di Karibia dan Amerika. Di dada tiap budak ada inisial namanya. Namanya diabadikan di jalan dan gedung karena dia telah membangun beberapa rumah sakit dan sekolah untuk orang miskin.

WINSTON CHURCHILL,

PRAHA, REPUBLIK CEKO

Patung itu dicoret-coret Kamis (11/6) dengan tulisan Black Lives Matter. Hal serupa terjadi di London, Inggris. Pemimpin Inggris di Perang Dunia II itu dituduh rasis dan membuat kebijakan yang membuat jutaan orang tewas di Bengal, India, pada 1943.

JEFFERSON DAVIS, VIRGINIA, AS Jefferson Davis adalah presiden Negara Konfederas­i Amerika selama Perang Sipil 1861–1865. Konfederas­i mendukung perbudakan. Patungnya di Richmond, Virginia, digulingka­n Rabu (10/6). Ketua Parlemen AS Nancy Pelosi menyerukan agar 11 patung Konfederas­i lainnya juga diturunkan.

 ?? MICHAL KAMARYT/CTK VIA AP ??
MICHAL KAMARYT/CTK VIA AP
 ?? DYLAN GARNER/RICHMOND TIMES-DISPATCH VIA AP ??
DYLAN GARNER/RICHMOND TIMES-DISPATCH VIA AP
 ?? STEVEN SENNE/AP ??
STEVEN SENNE/AP
 ??  ??
 ?? VIRGINIA MAYO/AP ??
VIRGINIA MAYO/AP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia