Jawa Pos

Rawan Jadi Klaster Baru, Wajibkan Warga Sombo Tes Cepat

-

SURABAYA, Jawa Pos ‒ Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Pemkot Surabaya kembali mengadakan rapid test dan uji swab masal. Pengambila­n sampel dilakukan di Jalan Kertopaten, Simokerto, kemarin (19/6). Tes tersebut diikuti ratusan orang dari berbagai kecamatan di Surabaya.

Antusiasme masyarakat untuk ikut tes terlihat sejak pagi. Selama dua jam tercatat ada 387 orang yang mendaftar. Sebanyak 59 orang dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test. Mereka diwajibkan ikut swab.

Suciwati, salah satu peserta dari Kecamatan Kenjeran, menyatakan datang sejak pagi untuk menghindar­i antrean. Dia sengaja ikut tes karena permintaan kantornya. ’’Setelah work from home (WFH), saya mulai masuk kantor lagi. Manajemen mewajibkan karyawan membawa hasil rapid test,’’ kata gadis yang bekerja di perusahaan event organizer (EO) tersebut.

Selain Suciwati, Hamdan Ali ikut tes untuk keperluan bekerja. Pemuda berusia 20 tahun itu ingin melamar pekerjaan di salah satu mal di Surabaya. ’’Untuk diterima, syaratnya harus ikut rapid test. Kebetulan ada tes gratis,’’ katanya.

Camat Simokerto Nono Indriyono menjelaska­n bahwa rapid test dilaksanak­an selama dua hari. Seluruh warga bisa mengikutin­ya. ’’Kami sudah melakukan sosialisas­i ke masyarakat. Alhmadulil­ah cukup ramai,’’ katanya.

Nono mengakui bahwa ada sekelompok warga di wilayahnya yang diwajibkan ikut tes. Salah satunya penghuni Flat Sombo. Warga rusun tertua di Surabaya itu diwajibkan memeriksak­an kesehatann­ya setelah ditemukan dua warga positif korona.

Menurut Nono, persebaran Covid-19 di Sombo berpotensi terjadi. Sebab, kawasan tersebut merupakan wilayah padat permukiman. ’’Di Sombo ada kecenderun­gan jadi tempat kumpul-kumpul. Makanya kami pantau ketat,’’ papar Nono.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? DETEKSI DINI: Petugas melakukan rapid test kepada warga di Jalan Kertopaten kemarin. Dengan tes cepat, mereka yang diduga terpapar Covid-19 bisa segera mendapat penanganan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DETEKSI DINI: Petugas melakukan rapid test kepada warga di Jalan Kertopaten kemarin. Dengan tes cepat, mereka yang diduga terpapar Covid-19 bisa segera mendapat penanganan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia